Home / Natuna News / Natuna Gelar Lomba Masak Serba Ikan Dan Cipta Menu B2SA

Natuna Gelar Lomba Masak Serba Ikan Dan Cipta Menu B2SA

NATUNA – Ajang Lomba Masak Serba Ikan kini kembali diadakan Kabupaten Natuna yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Natuna yang bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Natuna, Selasa (18/07), di Rumah Makan Sisi Basisir Ranai. Kegiatan Lomba masak serba ikan tersebut disejalankan dengan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal Tahun 2017 yang disenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Natuna yang juga bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Natuna.

Peserta yang mengikuti lomba tersebut terdiri dari Tim Penggerak PKK Kecamatan se- Kabupaten Natuna, yang sejak jam 08.15 WIB sudah mulai berpacu untuk menciptakan menunya masing-masing.

Lomba masak cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan  pentingnya mengkonsumsi  pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman, meningkatkan pemahaman masyarakat  dalam penerapan perinsip beragam, bergizi seimbang dan aman, mendorong dan meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam pengembangan dan menciptakan menu beragam, bergizi seimbang dan aman yang berbasis sumber daya lokal. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Natuna Sri Hariningsih selaku Ketua Pelaksana Kegiatan dalam sambutannya.

Sedangkan untuk lomba masak serba ikan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memasak berbahan baku ikan dan menyebarluaskan informasi tentang olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi dan manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi ikan .

Selanjutnya Sri Hariningsih menyampaikan bahwa hasil dari perlombaan masak serba ikan dan cipta menu B2SA tersebut akan diikutsertakan dalam perlombaan tingkat provinsi pada tanggal 27 Juli 2017 nanti. “Kepada pemenang dari kedua lomba ini nantinya akan dibawa untuk mengikuti lomba tingkat provinsi pada tanggal 27 bulan ini”, ujar Sri.

Dari hasil kedua lomba tersebut, tampak tersajinya berbagai macam masakan yang telah dibuat. Ada yang terbuat dari sagu, jagung, ubi dan jenis makanan lainnya yang menggunakan bahan pangan lokal.

Memanfaatkan sumber daya lokal merupakan tujuan utama dari perlombaan tersebut. Hal itu disampaikan Bupati Natuna Drs. H. Abd. Hamid Rizal, M.Si, yang mengatakan bahwa pemanfaatan sumber daya lokal sangat penting untuk diterapkan dalam masakan sehari-hari mengingat Natuna sangat kaya akan sumber daya yang dimiliki.

“Untuk itu kita jangan hanya memanfaatkan nasi sebagai makanan utama, kita punya ubi, jagung, sagu, talas dan lainnya. Maka manfaatkan itu semua, bagaimana bahan-bahan pangan tersebut dapat dikreasikan menjadi makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman”. Ujar Hamid Rizal.

(Sumardi)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Sosialisasi Indikator Sosial Dan Makro Ekonomi Serta Statistik Sektoral Bagi Pemerintah Kabupaten Natuna.

Dalam Sinkronisasi Bedah Indikator Makro Sosial, Ekonomi Kabupaten Natuna tentunya diketahui bersama ...