Home / Natuna News / Bupati Buka Kegiatan Peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintahan Desa

Bupati Buka Kegiatan Peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintahan Desa

Dalam rangka memperpendek rentang kendali administrasi pemerintahan dan pembungunan serta percepatan pembangunan dan pelayanan prima, tentunya pemekaran daerah merupakan salah satu strategi tepat untuk mencapainya. Namun dalam pelaksanaan pemekaran sering terjadi beberapa perubahan, seperti halnya pemekaran Desa Tanjung Kumbik menjadi Desa Pulau Tiga. Perubahan ini tentunya harus diketahui oleh semua pihak agar tidak terjadi kesalahan dalam hal penetapan yang dapat menyebabkan kesalahan dalam administrasinya pula.

Demikian disampaikan Bupati Natuna, Drs. H. Ilyas Sabli, M.Si saat memberikan sambutan pada acara Kunjungan Kerja ke Kecamatan Pulau Tiga, Senin(16/07) pagi di Gedung Serbaguna Desa Pulau Tiga Kecamattan Pulau Tiga.

Selanjutnya ditambahkan, untuk Tahun Anggaran 2012 Kecamatan Pulau Tiga mendapat alokasi anggaran sebesar Rp.17.428.900.750,- dalam bentuk 75 kegiatan pembangunan. Untuk pelaksanaannya, Bupati sangat mengharapkan peran serta masyarakat dalam hal pengawasan, hal ini bertujuan agar pelaksanaannya terealisasi secara baik, sehingga manfaat dari hasil pembangunan tersebut benar – benar dapat dirasakan oleh masyarakat setempat.

Dikatakan pula bahwa dalam pelaksanaan pembangunan, masalah pembebasan lahan selalu menjadi hambatan. Untuk itu, perlu diingatkan kepada seluruh masyarakat bahwa tujuan pembangunan adalah untuk semua orang, bukan individu. Untuk itu, seluruh masyarakat harus menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap jalannya pembangunan.

Pelaksanaan pembangunan tidak dapat dilaksanakan secara instan melainkan secara bertahap, mengingat ketersedian anggaran serta hambatan yang ada, agar terjadi pemerataan di setiap daerah diwilayah kerja Kabupaten Natuna yang terdiri dari 12 Kecamatan, 6 Kelurahan dan 63 Desa.

Selama ini ada anggapan bahwa hasil pelaksanaan musrenbang mulai dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten yang dituang kedalam APBD tidak mencerminkan pembangunan prioritas yang diusulkan, namun perlu diketahui bahwa dalam penetapan tersebut sudah melalui mekanisme yang sesuai dengan aturan yang berlaku dengan tetap mengacu pada visi dan misi pemerintah daerah dalam mewujudkan Natuna Sejahtera, Merata di seluruh kecamatan dan Seimbang disegala bidang.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Pulau Tiga, Syawal, SE menyampaikan bahwa kegiatan Peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintahan Desa yang diikuti oleh Badan Permusyawaratan Desa, Kepala Desa, Kepala Dusun, Kepala Urusan Desa, RW, RT Se – Kecamatan Pulau Tiga dilaksanakan oleh Forum Kerjasama Kepada Desa Sekecamatan Pulau Tiga dengan jumlah peserta 312 orang.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pencerahan serta menambah pengetahuan bagi apatur desa yang dirasakan masih kurang pemahamannya tentang aturan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Natuna Keluar Sebagai Transparansi Pengelolaan Keuangan Terbaik

NATUNA – Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta Prof. Panut Mulyono, Kamis, ...