Home / Natuna News / Bupati Natuna Resmikan Pemakaian Gedung UPT Puskesmas Pulau Laut

Bupati Natuna Resmikan Pemakaian Gedung UPT Puskesmas Pulau Laut

Pembangunan bidang kesehatan adalah salah satu urusan wajib bagi Pemerintah Daerah melalui fungsi pemenuhan dan pembenahan fasilitas dan infrastuktur pelayanan kesehatan diseluruh wilayah. Namun, mengingat kondisi geografis yang berbentuk kepulauan dan sarana transportasi yang terbatas menyebabkan pelayanan kesehatan sulit untuk diselenggarakan secara efisien.

Mengingat keterbatasan anggaran dan upaya mewujudkan pemerataan pembangunan diseluruh wilayah Kabupaten Natuna, Pemerntah Daerah berupaya untuk mencari berbagai sumber program kerja, baik berasal dari Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat.

Sebagai wujud sinergitas pembangunan nasional sekaligus nawacita Presiden RI yang menginginkan pelaksanaan pembangunan dimulai dari Wilayah Pinggiran/Perbatasan, Natuna patut merasa bersyukur karena telah diberikan perhatian, diantaranya dukungan optimalisasi fasilitas pelayanan kesehatan seperti Pembangungan UPT Puskesmas Pulau Laut.

Hal ini disampaikan Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal dalam sambutannya ketika meresmikan pemakaian Gedung UPT Puskesmas Kecamatan Pulau Laut di Desa Air Payang Kecamatan Pulau Laut, sabtu (14/4) pagi. Turut hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Dandim 0318 Natuna, Sekretaris Daerah, beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Natuna, Camat, Unsur Pimpinan Kecamatan, Kepala Desa dan tokoh masyarakat Kecamatan Pulau Laut.

Hamid Rizal menerangkan bahwa keberadaan aparatur bidang kesehatan merupakan ujung tombak dari eksistensi pemerintah yang notabene memberikan pelayanan bagi segenap masyarakat. Untuk itu, diharapkan kepada seluruh tenaga medis dan paramedis khususnya yang bertugas di Kecamatan Pulau Laut sebagai salah satu wilayah perbatasan NKRI, dapat menjalankan tugas pengabdian secara tulus, sebagai salah satu bentuk amanat kemanusiaan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Natuna, Rizal Rinaldy melaporkan bahwa sebagai bentuk perhatian Pemerintah Pusat terhadap peningkatan mutu pelayanan kesehatan di wilayah perbatasan,  saat ini Kementrian Kesehatan RI telah menambah enam tenaga kesehatan khusus yang akan bertugas selama dua tahun.

Tenaga Medis dan Paramedis diatas  merupakan bagian dari Tim Nusantara Sehat, yang ditugaskan untuk mengisi kekurangan tenaga yang ada di daerah perbatasan, yang terdiri dari  tenaga Dokter Umum, Bidan, Perawat, Kesehatan Lingkungan, Gizi dan Analis.

Rizal Rinaldy juga menambahkan bahwa saat ini sebagian besar permasalahan kesehatan berasal dari pola hidup dalam keluarga. Untuk itu, upaya penerapan dan pengembangan program Indonesia Sehat harus dilakukan dengan memprioritaskan pendekatan kepada keluarga, untuk menumbuhkan kesadaran Prilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Pada kesempatan itu Camat Pulau Laut, Sudirman mengungkapkan rasa bahagia karena pembangunan gedung UPT Puskesmas sudah rampung serta dapat dimanfaatkan bagi pelayanan masyarakat.

Namun sebagai salah satu wilayah perbatasan dengan fasilitas dan sarana umum yang masih jauh dari memadai, diharapkan kepada Pemerintah Daerah agar dapat memberikan perhatian lebih terhadap hal tersebut, dimana yang tidak kalah pentingnya saat ini adalah akses jalan yang masih perlu dibenahi.

Galeri Bupati Natuna Resmikan Pemakaian Gedung UPT  Puskesmas Pulau Laut

(Humas_Pro/Zq/Alex)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Rapat Koordinasi Penguatan Sinyal Telekomunikasi

(Wartakominfo) – Dua orang pejabat Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan ...