Home / Natuna News / Bupati Natuna Resmikan PLTS Terpadu di Desa Selaut

Bupati Natuna Resmikan PLTS Terpadu di Desa Selaut

Saat ini keberadaan energi listrik merupakan kebutuhan yang penting, terutama bagi penerangan, pemanfaatan teknologi yang mendukung peningkatan ekonomi rakyat serta berbagai aktifitas lain. Untuk itu, Pemerintah Daerah telahpun memberikan perhatian lebih melalui SKPD terkait guna menganalisa dan mengevaluasi agar ke depan penyerapan anggaran dapat lebih efektif, sehingga dapat memenuhi kebutuhan listrik bagi seluruh wilayah administrasi Pemerintah Kabupaten Natuna, yang dimulai dari tingkat Desa, Kelurahan dan Kecamatan, melalui upaya perluasan jaringan maupun pembangunan sarana pembangkit listrik dan subsidi listrik yang bekerjasama dengan badan usaha terkait. Demikian disampaikan Bupati Natuna, Drs. H. Ilyas Sabli, M.Si saat memberikan sambutan dalam acara Peresmian Pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat, Selasa (8/4) siang di Desa Selaut.

Selanjutnya dikatakan, infrastruktur yang ada merupakan milik masyarakat, untuk itu dibutuhkan kesadaran bersama guna menjaga agar hasil pembangunan tersebut dapat memberikan manfaat dalam waktu yang lama. Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, Ilham Kauli, S.Sos, M.Si saat menyampaikan laporan menyatakan sebagai salah satu upaya percepatan pengembangan pembangunan kelistrikan yang disesuaikan dengan karakteristik daerah, maka dilakukan pengembangan sistem PLTS terpadu, yang salah satunya dibangun di Desa Selaut dan merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM dengan kafasitas 15 KW. Dalam pengoperasianya, litrik disalurkan ke 97 titik, 90 diantaranya adalah Rumah Tangga dan 7 fasilitas umum dimana masing-masing rumah mendapat 260 watt. Sedangkan untuk pengoperasian dan pemeliharaannya akan diserahkan kepada Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) Desa Selaut.

Lebih lanjut dilaporkan untuk tahun 2014 Kementerian ESDM juga memberikan bantuan pembangunan PLTS Terpusat ini di beberapa wilayah, yaitu Desa Kelarik Barat (Kecamatan Bunguran Utara) dan Desa Batu Berian (Kecamatan Serasan). Selain itu, Kabupaten Natuna juga mendapatkan bantuan dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dimana pada tahun 2013 telah dialokasikan untuk pembangunan PLTS di Desa Setengar (Kecamatan Bunguran Selatan) dengan kafasitas 5 KW dan penyulingan air bersih, selanjutnya pada tahun 2014 akan dibangun PLTS di Desa Segeram (Kecamatan Bunguran Barat).

Sebelum melakukan peresmian PLTS di Desa Selaut, Bupati Natuna berkesempatan menghadiri kegiatan Apel Bersama dan Silatuhrrami dengan Siswa SMUN I Bunguran Barat (Kecamatan Bunguran Barat). Dalam sambutannya Bupati Natuna menyatakan bahwa saat ini tingkat kenakalan remaja sudah mencapai tahap cukup memprihatinkan, diantaranya penyalahgunaan obat yang tidak pada fungsinya dan dikonsumsi secara berlebihan, kebiasaan minuman keras serta pemanfaatan kemajuan sarana komunikasi dan informasi yang tidak sesuai dengan peruntukan. Untuk itu beliau menghimbau kepada seluruh siswa-siswi SMU Negeri I Bunguran Barat khususnya agar dapat bertindak dan menyikapi hal tersebut dengan lebih bijaksana, menfokuskan diri bagi pembekalan untuk menghadapi tantangan hidup di masa depan serta membentengi diri dari berbagai pengaruh negatif modernisasi itu sendiri. Selanjutnya untuk mengantisipasi berbagai kenakalan remaja yang khususnya dilakukan oleh para pelajar, Pemerintah Daerah akan segera menerapkan Peraturan Bupati Natuna Nomor 21 Tahun 2014 tentang Perubahan Jam Wajib Belajar Malam yang mengatur agar setiap pelajar tidak dibenarkan berkeliaran di luar rumah tanpa kegiatan yang pasti dari pukul 19.00WIB sampai dengan 21.00WIB pada malam-malam belajar wajib. Akan tetapi perlu disadari bersama, bahwa setiap aturan yang dikeluarkan tidak akan memberikan dampak berarti tanpa adanya dukungan dari semua pihak, untuk itu diharapkan kepada seluruh pihak, dalam hal ini Dinas Pendidikan melalui Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan dan Pemerintah Kecamatan dapat mensosialisasikan Perbub. tersebut kepada seluruh orang tua dan wali murid yang ada di daerahnya masing-masing.

Peliput: Staf Bagian Humas/Ermiza & Alex

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Natuna Dapat Proritas Tiga SPBUN Tahun Ini

Natuna – Kepala Bagian Migas Pemkab Natuna, Faisal mengatakan tahun ini pemerintah ...