Home / Natuna News / Dishubkominfo Kab. Natuna Gelar Penyuluhan Keselamatan Lalu Lintas

Dishubkominfo Kab. Natuna Gelar Penyuluhan Keselamatan Lalu Lintas

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna, menggelar kegiatan Penyuluhan Bidang Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Kabupaten Natuna. Kegiatan diselenggarakan selama 2 (dua) hari / 7 – 8 Mei 2014 bertempat di Hotel Natuna. Bertindak sebagai nara sumber Noval W. Dihayat dari Pusbang. SDM Hubdat. – Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Kementerian Perhubungan RI. Sedangkan peserta penyuluhan berasal dari kalangan sopir angkutan barang dan sopir angkutan umum.
Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna dalam sambutan pada acara pembukaan, yang dibacakan Kepala Bidang Darat, Nanang Agus Hidayat, ST. MM. menjelaskan bahwa sektor perhubungan mempunyai peran ganda, yaitu sebagai penunjang sekaligus penggerak roda pembangunan. Atas dasar itu, pembangunan sektor perhubungan selalu berorientasi untuk memudahkan pergerakan serta berpihak kepada kepentingan masyarakat dan lingkungan yang terjaga.
Beberapa parameter yang menjadi tolak ukur pelayanan perhubungan adalah tertib, teratur, aman, lancar, cepat dan efisien dengan biaya yang terjangkau.
Dijelaskan pula, dengan perkembangan regulasi dan pembangunan transportasi dewasai ini, perlu diikuti dengan kesiapan SDM (Sumber Daya Manusia), baik dalam rangka keselamatan, kelancaran maupun tertib lalu lintas, sehingga kecenderungan-kecenderungan yang negatif dalam pelaksanaan aktifitas LLAJ (Lalu-Lintas Angkutan Jalan) dapat diturunkan bahkan dihilangkan. Seperti, ketidak-disiplinan pada saat mengendarai, kurangnya pengetahuan tata cara mengemudi yang baik dan benar, tingginya jumlah dan fatalitas lakalalin (kecelakaaan lalu-lintas), banyaknya pelanggaran lalin, yang salah satu upayanya adalah melalui kegiatan diklat/penyuluhan seperti ini.
“Guna untuk mendukung sektor bidang transportasi darat dibutuhkan SDM yang kompeten dan professional dalam mengahadapi berbagai masalah transportasi. Untuk mewujudkan transportasi yang aman, lancar, tertib, efektif dan efiesien. Salah satunya adalah Operator Angkutan Umum, selaku ujung tombak, atau pelopor pelayanan LLAJ, yang pastinya merupakan SDM yang kompeten dan professional dalam menghadapi masalah transportasi sekarang ini” ungkap Nanang dalam sambutan yang dibacakan.
Diharapkan agar tercapainya kesamaan persepsi terhadap pelaksanaan sektor perhubungan darat, melalui peningkatan pengetahuan maupun pemahaman pelaksanaan di tingkat dasar, yang berkaitan dengan aspek-aspek keselamatan. Untuk itu melalui penyuluhan ini, kiranya dapat meningkatkan SDM khususnya bagi Operator-Operator Angkutan Umum dan Barang, agar dapat memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat di Kabupaten Natuna ini khususnya.
(Ditulis oleh : Meri/Lisa – Staf Dishub Kominfo)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

KUNJUNGAN KERJA MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN

Susi : “Natuna Berhenti Memunggungi Laut, Natuna Berandanya Adalah Laut” Natuna – ...