Home / Natuna News / Diskominfo Natuna Buka Layanan Pengaduan Masyarakat

Diskominfo Natuna Buka Layanan Pengaduan Masyarakat

Natuna-+62 821-2201-5612 (warga)
Nama : septy anggamidya
Alamat : teluk baruk samping coremap
No telp/hp : 082122015612

Tujuan/kepada: PLN
Isi pengaduan: knp Listrik di teluk baruk dan sekitarnya mati? Apakah sedang ada gangguan? Mohon tanggapannya. Terima kasih.

+62 813-6366-9011 (petugas PLN)‬:
Baik Pak/buk…Diterima laporannya untuk ditindaklanjuti oleh petugas pelayanan teknik R.Natuna. Mohon maaf atas tergaggunya penyaluran energi listrik.Trims

‪+62 821-2201-5612‬:
Terima kasih pak, ditunggu tindak lanjutnya.

‪+62 821-2201-5612‬:
Sudah nyala kembali pak… terima kasih.

Demikian percakapan yang dipantau SULUH KEPRI, pada Selasa (28/11) pagi ini dalam WhatsApp (WA) Grup Pengaduan Masyarakat Natuna.

Layanan pengaduan ini dibuka oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kabupaten Natuna dalam menerima berbagai keluhan warga, sehingga diketahui dan dapat segera ditindaklanjuti oleh pihak atau instansi terkait.

Terobosan ini patut diapresiasi karena sangat membantu warga maupun petugas dari badan-badan publik serta aparat terkait sesuai tugas masing-masing. Layanan ini cukup sederhana dengan hanya memanfaatkan kemajuan tekhnologi melalui chat WA.

Kepala Diskominfo Natuna Raja Darmika menjelasakan, pelayanan masyarakat yang diberi nama: “Pengaduan Aspirasi Masyarakat Natuna” ini hanya memanfaatkan program chat WA Grup, yang tersedia di ponsel pintar seperti android dan smartphone.

“Layanan ini tidak berbiaya, karena cukup membuka WA Grup di ponsel kita, lalu menghubungi para pihak atau instansi yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik, untuk kita minta bergabung dalam WA Grup,” jelas Raja Darmika kepada Suluh Kepri, Selasa (28/11) pagi.

Ia mengatakan, meski sederhana namun layanan ini cukup efektif dalam merespon berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan lewat chat WA Grup. Sebab, setiap pengaduan yang masuk langsung mendapat tanggapan dari instansi yang berkaitan langsung dengan keluhan yang disampaikan masyarakat.

Misalnya, dalam pengaduan pemadaman listrik tersebut, karena listrik padam secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan sebelumnya, warga lalu menyampaikan pengaduan lewat WA Grup, yang langsung direspon dan ditindaklanjuti petugas PLN, yang sudah bergabung dalam grup.

“Jadi, warga tak perlu telepon lagi atau datang ke kantor PLN. Begitu dengan pelayanan lain, seperti pelayanan e-KTP, pendidikan, kesehatan, perizinanan, PDAM dan Telkom, akan langsung direspon dan ditindaklanjuti yang bersangkutan,” paparnya.

Sejak layanan ini dibuka, sambung Darmika, hampir setiap hari ada masuk pengaduan warga, dan sejauh ini selalu ditanggapi dan segera ditangani oleh pihak berkompeten.

Bukti adanya penanganan aduan, selalu diinformasikan dalam grup, baik oleh warga maupun petugas lapangan. “Pengaduan yang sering masuk terkait listrik (PLN), air bersiah (PDAM), jalan umum dan gangguan Telekomunikasi,” katanya.

Saat ini, sambung Darmika, badan-badan publik yang sudah bergabung diantaranya Dinas Kominfo Natuna, Kesehatan, Pendidikan. Perizinan, PUPR, dan Dinas Kependudukan, juga dari PLN, PDAM, Telkom/Telkomsel dan Kepolisian Sektor Bunguran Timur.

Anggota yang bergabung sudah mencapai 197 orang. Yang teridiri dari badan-badan publik, aparat kepolisian dan masyarakat umum.

“Ke depan ini kita berencana membuat aplikasi berbasis website, yang kita namai: e-Ngadu, elektronik natuna gerbang aduan dan usulan,” ungkap Darmika. (Tigor)

Sumber : https://suluhkepri.com/2017/11/28/diskominfo-natuna-buka-layanan-pengaduan-masyarakat-2/

Sumber Gambar : https://suluhkepri.com/wp-content/uploads/2017/11/IMG_20171128_103646-1-300×177.jpg

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Bupati Himbau Umat Muslim Tingkatkan Peran dalam Pembangunan

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal menghadiri Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW ...