Home / Natuna News / Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda)

Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda)

Dalam manajemen pemerintahan, system pengawasan yang baik sangat diperlukan sebagai landasan terlaksananya peran dan fungsi yang sesuai dengan tujuan perencanaan pembangunan. Dengan demikian sangat diperlukan lembaga pengawasan internal dilingkungan pemerintah untuk dapat mengontrol penyelenggaraan pemerinthan didaerah tersebut, terutama masalah pengelolaan anggaran.

LarwasdaDalam melaksanakan roda pemerintahan, peran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sangat besar, untuk itu pengawasan secara berjenjang di lingkungan internal hendaknya dilaksanakan sedini mungkin agar dapat meminimalisir penyimpangan maupun penyalahgunaan kewenangan terutama menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan manajemen keuangan.

LarwasdaDemikian hal ini disampaikan Bupati Natuna melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Drs. H. Ilyas Sabli, M.Si saat memberikan sambutan dan membuka secara resmi kegiatan Gelar Pengawaasan Daerah Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, Selasa (28/09) pagi di Aula Hotel Natuna. Ditambahkan pula bahwa pada dasarnya badan pengawasan internal memiliki tugas sebagai perbantuan aadministrasi keuangan bagi setiap instansi, sehingga pertanggungjawabab dan proses pelaksanaan kegiatan yang dilakukan terlaksana sesuai dengan tujuan dan selalu berjalan dalam koridor hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

LarwasdaUntuk itu, kepada setiap instansi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, diharapkan dapat selalu berkoordinasi secara lebih transparan dan professional demi perbaikan kualitas kerja dan optimalisasi anggaran yang akan dipergunakan. Karena perlu disadari bersama bahwa dalam melaksanakan tupoksi, inspektorat memiliki peranan penting dalam pengawasan internal, sebaliknya tidak perlu ditanggapi sebagai pencari kesalahan semata, karena pada dasarnya Inspektorat Daerah benar-benar berupaya untuk memperbaiki segala administrasi pengelolaan keuangan yang ada dalam rangka mencegah penyimpangan pengelolaan anggaran yang sering terjadi. (Ermiza/Alex)

Sumber : Bagian Umum Setda Kab. Natuna (29/09/2010)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Sosialisasi Indikator Sosial Dan Makro Ekonomi Serta Statistik Sektoral Bagi Pemerintah Kabupaten Natuna.

Dalam Sinkronisasi Bedah Indikator Makro Sosial, Ekonomi Kabupaten Natuna tentunya diketahui bersama ...