Home / Natuna News / Gotong Royong dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2014

Gotong Royong dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2014

“Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim” tema ini memiliki relevisi dengan kondisi geografis negara pada umumnya dan Kabupaten Natuna khususnya, yang merupakan sebuah daerah pesisir dengan hanya satu persen daratan, sedangkan sembilan puluh sembilan persen lautan, dengan potensi kelautan dan perikanan serta terumbu karang yang dapat dijadikan objek wisata bawah laut.
Hal ini disampaikan oleh Bupati Natuna, Drs. H. Ilyas Sabli, M.Si. pada acara Gotong Royong dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2014 di Pantai Kencana Ranai, Kamis (05 Juni 2014) Pagi.
Dikatakan pula bahwa dalam pelaksanaan pembangunan, antara pencapaian kemajuan disegala bidang dengan pengelolaan lingkungan harus diselaraskan. Karena jika kita hanya menitik beratkan aspek ekonomi semata, tanpa memperhatikan pelestarian fungsi lingkungan dan manusia di dalamnya, akan mengakibatkan kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup.

Untuk itu, masyarakat perlu didorong guna melakukan berbagai upaya sederhana menuju budaya ramah lingkungan, seperti menghemat penggunaan listrik dan air, menanam dan memelihara pohon, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, serta menerapkan konsep 3R, yaitu Mengurangi (Reduce), Menggunakan kembali (Re-use) dan Mendaur ulang pengelolaan sampah (Recycle).

Selanjutnya ditambahkan bahwa melalui kegiatan gotong royong serta berbagai rangkaian kegiatan yang diselenggarakan kali ini, diharapkan mampu membangkitkan kembali semangat gotong royong dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, yang sepatutnya dapat dijaga dan dipelihara sebagai titipan generasi penerus, konsisten serta komitmen bersama.

Adapun rangkaian kegiatan lainnya dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2014 kali ini, dilaksanakan pula kegiatan penanaman bibit Mangrove di Batu Bayan Kecamatan Bunguran Selatan dan Pulau Pasir Kecamatan Bunguran Barat sebanyak 2000 pohon.

(Ditulis oleh : Ermiza – Staf Bagian Humas)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Natuna Dapat Proritas Tiga SPBUN Tahun Ini

Natuna – Kepala Bagian Migas Pemkab Natuna, Faisal mengatakan tahun ini pemerintah ...