Home / Natuna News / Hamid Rizal Harapkan Rencana Pembangunan Harus Pertimbangkan Asas Pemerataan

Hamid Rizal Harapkan Rencana Pembangunan Harus Pertimbangkan Asas Pemerataan

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal membuka secara Resmi Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Natuna tahun 2018, di Gedung Serbaguna Sri Serindit, Ranai, senin (12/3) pagi

Dalam sambutannya dihadapan Pimpinan dan Anggota DPRD, Wakil Bupati Natuna, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Lurah dan segenap peserta kegiatan, Hamid Rizal menyampaikan bahwa Musrenbang merupakan salah satu proses pembangunan agar perencanaan dan program kerja yang dihasilkan nanti lebih tepat sasaran dan berdampak positif bagi upaya percepatan pembangunan.

Namun Hamid Rizal juga menyoroti permasalahan kedisiplinan yang dicerminkan oleh aparatur sebagai penyelenggara pemerintah dan pelayanan masyarakat dimana saat ini dipandang masih perlu ditingkatkan. Untuk itu, kepada segenap pimpinan OPD yang hadir agar terus berupaya menegakkan kedisiplinan terhadap seluruh pegawai dalam instansi yang dipimpinnya, sehingga pelayanan prima, produktif dan profesional dapat diwujudkan sebagaimana semangat good goverment dan cleans governance.

Kepada seluruh peserta Musrenbang juga diingatkan bahwa program kerja yang dirancang saat ini akan sangat menentukan proses percepatan pembangunan yang sedang diselenggarakan. Oleh karenanya, pendapat dan kritik yang bersifat membangun serta usulan program strategis harus selalu mempertimbangkan skala prioritas, efektifitas dan efisiensi, optimalisasi penyerapan anggaran serta mempertimbangkan pula asas pemerataan.

Menitik beratkan pada berbagai program yang langsung menyentuh kepentingan dan hajat hidup orang banyak, serta mengutamakan pengembangan program strategis peningkatan pemberdayaan masyarakat pada sektor perikanan dan pariwisata.

Ketua DPRD Kabupaten Natuna yang diwakili Wakil Ketua I, Hadi Candra dalam sambutannya menjelaskan bahwa peran DPRD dalam musrembang adalah menjadikan forum ini untuk menyampaikan berbagai pokok pikiran yang bersumber dari aspirasi masyarakat kepada lembaga Eksekutif untuk disusun menjadi Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun depan.

Untuk itu Hadi Candra mengharapkan adanya pembahasan yang menyeluruh bagi menetapkan program kerja secara lebih cepat agar tidak menghambat proses pembangunan sesuai tahapan yang didasarkan pada regulasi yang berlaku.

Selanjutnya Sekretaris Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah, Marwan melaporkan bahwa tema yang diangkat dalam Musrenbang 2018 ini adalah  Pemantapan Industry Perikanan dan Pariwisata untuk menjadikan Sumber Perekonomian Daerah yang Berkualitas.

Kegiatan ini direncanakan terselenggara selama 3 hari, dari tanggal 12 sampai 14 Maret 2018 dengan peserta yang hadir terdiri dari dari Anggota DPRD, perwakilan OPD, instansi vertikal, unsur akademisi, LSM, pelaku usaha, BUMN dan unsur masyarakat lainnya.

(Humas_P/sono/Alex)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Bupati Natuna harapkan Sinergisitas Insan Pers Dukung Ciptakan Iklim Pembangunan yang Kondusif

Sinergisitas antara para awak media dalam mewartakan informasi kepada seluruh masyarakat, dengan ...