Home / Natuna News / Jadikan Momentum STQ Sarana Meningkatkan Silaturahmi

Jadikan Momentum STQ Sarana Meningkatkan Silaturahmi

Saat ini pengaruh globalisasi sudah merambah diseluruh sendi kehidupan, generasi muda lebih menggandrungi segala hal yang bersifat modernisasi dan bahkan telah terjadi kemerosotan moral dikarenakan pengaruh globalisasi tersebut. Hal ini sudah berada pada tahap yang mengkhawatirkan. Untuk itu diperlukan langkah-langkah konkrit guna penyelamatan umat, yaitu dengan jalan lebih menyemarakkan kegiatan – kegiatan yang bermuara pada pembangunan bidang keimanan.

STQ VII Tingkat Kab. NatunaDemikian disampaikan Bupati Natuna melalui Plh, Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Drs. Minwardi saat memberikan sambutan dan membuka secara resmi penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke VII tingkat Kabupaten Natuna, Rabu (23/03) malam di Gedung Serba Guna Komplek Gerbang Utara Ku.

STQ VII Tingkat Kab. NatunaDitambahkan pula bahwa tujuan utama dari perhelatan STQ bukan semata-mata hanya mencari pemenang dan persiapan kafilah Kabupaten Natuna untuk ajang STQ tingkat provinsi semata, melainkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap kandungan keagungan Al-quran untuk selanjutnya diimplementasikan dalam kehidupan dan pergaulan dalam masyarakat.

STQ VII Tingkat Kab. NatunaLebih lanjut diharapkan agar hasil STQ kali ini benar-benar menunjukkan kemampuan yang dimiliki kafilah Kabupaten Natuna, peran dewan hakim hendaknya dapat dijalankan secara professional dan tidak terpengaruh pada setiap intervensi yang terjadi. Hal ini harus dijalankan secara benar karena hasil penilaian ini akan dipertanggungjawabkan terhadap seluruh kafilah dan allah SWT.

STQ VII Tingkat Kab. NatunaDalam kesempatan yang sama, Ketua LPTQ Kabupaten Natuna diwakili Drs, Masjad dalam sambutanya menyampaikan LPTQ Kabupaten Natuna dalam memajukan minat baca Al-quran terus meningkat, hal ini dapat dilihat dengan bertambahnya jumlah peserta yang mengikuti cabang hapalan 1 jus pada STQ 2011 yang diikuti 15 peserta. Hal ini merupakan hasil kerja keras Taman Pendidkan Al-Quran dalam membina santri-santri.

STQ VII Tingkat Kab. NatunaSaat ini TPQ yang ada di Kabupaten Natuna berjumlah 128 dengan jumlah guru 680 dan santri 4727 orang. Untuk lebih meningkatkan upaya guru dalam kegiatan belajar di TPQ, Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau memberikan insentif kepada guru-guru TPQ, Guru MDA begitu juga untuk guru agama non muslim. Secara kuantitatif dalam lima tahun ini LPTQ kabupaten Natuna setiap tahun mengucurkan dana sebesar Rp 30 juta untuk 12 Kecamatan sebagai upaya meningkatkan pengembangan Al-quran didalam masyarakat.

STQ VII Tingkat Kab. NatunaSTQ VII tingkat Kabupaten Natuna merupakan sabagai sarana memilih dan mempersiapkan Duta Kabupaten Natuna dalam STQ IV Provinsi Kepulauan Riau pada tanggal 30 April – 5 Mei 2011 di Kabupaten Kepulauan Anambas dan mudah-mudahan dapat menjadi utusan provinsi Kepulauan Riau pada STQ Nasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada bulan Juni 2011.

Ketua pelaksana kegiatan Drs. Kamarudin., M.Si., MM melaporkan jumlah Cabang yang diperlombakan adalah cabang Tilawah, Tahfis Al Quran dan Cabang Tafsir Al Quran dengan jumlah peserta sebanyak 66 orang dengan rincian Bunguran Timur 6 orang, Bunguran Barat 4 orang, Bunguran Utara 6 orang, Bunguran Selatan 4 orang, Bunguran Tengah 8 orang, Bunguran Timur Laut 4 Orang, Midai 9 orang, Pulau Laut 6 orang, Pulau Tiga 5 orang, Serasan 5 Orang, Serasan Timur 5 orang, Subi 4 orang peserta. (Ermiza/Alex)

Sumber : Bagian Umum setda Kab. Natuna (23/03/2011)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Natuna Dapat Proritas Tiga SPBUN Tahun Ini

Natuna – Kepala Bagian Migas Pemkab Natuna, Faisal mengatakan tahun ini pemerintah ...