Home / Natuna News / Jalan Penghubung Menuju Kelarik Menjadi Perhatian Utama Pemerintah Daerah

Jalan Penghubung Menuju Kelarik Menjadi Perhatian Utama Pemerintah Daerah

Sebagaimana amanat Nawacita ketiga Presiden Republik Indonesia yang telah mengamanatkan pelaksanaan pembangunan harus diselenggarakan dari wilayah pesisir/perbatasan, bersinergi dengan program diatas, Pemerintah Kabupaten Natuna juga berupaya untuk mengejar ketertinggalan dengan daerah lain melalui upaya percepatan pembangunan yang dititik beratkan pada wilayah tingkat desa dan kecamatan.

Salah satunya Kecamatan Bunguran Utara yang dirasa masih perlu perhatian lebih mengingat fasilitas umum dan sarana pendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat masih sangat minim. Sehingga dalam rencana pembangunan tahun 2017 dan 2018 daerah ini mendapatkan program kegiatan pembangunan cukup banyak, baik yang bersumber dari APBN maupun APBD.

Hal ini disampikan Bupati Natuna, Drs. H. Abdul Hamid Rizal,M.Si dalam sambutannya pada acara Safari Ramadhan di Masjid Al Wustho Desa Kelarik Tengah Kecamatan Bunguran Utara, Jum’at (9/6) malam, didampingi beberapa FKPD dan pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna.

Menurut Bupati, infrastruktur yang paling diprioritaskan saat ini adalah pembangunan jalan dan jembatan penghubung baik dari batubi menuju kelarik, maupun dari teluk buton menuju kelarik yang saat ini sedang dalam pelaksanaan, sebagai pembuka akses bagi kelancaran aktifitas perekonomian masyarakat.

Saat ini program pembangunan pemerintah pusat dirasa cukup besar, diantaranya penyerahan Kapal Nelayan (10 GT dan 5 GT) untuk mendukung perekonomian masyarakat nelayan tradisional, selain itu bantuan berupa 3000 unit rumah nelayan yang akan segera direalisasikan. Harapan Bupati bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya  bagi upaya mewujudkan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat tempatan.

Bupati juga menjelaskan bahwa saat ini sektor pariwisata sedang benar-benar digesa percepatannya, melalui program kerja yang disinergikan baik dari tingkat kementerian maupun antara OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna. Selain itu, penjabaran dari percepatan sektor pariwisata itu sendiri diharapkan dapat memberikan peluang kerja baru, baik dalam bentuk bidang usaha kerajinan, pelaku kesenian, badan usaha penginapan dan kuliner serta bidang usaha lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Bunguran Utara, Izhar.S.Sos menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah atas perhatian terhadap berbagai sarana dan fasilitas yang secara bertahap dalam pelaksanaan untuk pembenahan, terutama jalan penghubung antara ibukota kecamatan dan antar desa.

Izhar melanjutkan bahwa baru-baru ini seluruh camat mendapat pengarahan dari Wakil Bupati Natuna terkait pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dengan nilai sangat besar. Dipesankan agar dalam pengelolaannya harus selalu berdasarkan segala aturan yang berlaku. Sehingga anggaran tersebut tepat sasaran, tepat manfaat dan aman dari pelanggaran dan penyelewengan.

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pembangunan E-Government Kabupaten Natuna

NATUNA – Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) sebagai alat bantu dalam menjalankan ...