Home / Natuna News / Kec. Serasan termasuk salah satu PULAU TUJUH

Kec. Serasan termasuk salah satu PULAU TUJUH

Perjalanan ke Pulau Serasan (III)

Kecamatan Serasan merupakan salah satu kecamatan lama dari 12 Kecamatan seluruh yang ada di Kabupaten Natuna, terbentuk sebelum pemekaran Kabupaten Natuna – Provinsi Kepulauan Riau. Dahulu, orang-orang akrab menyebut Kecamatan Serasan, sebagai salah satu Pulau 7 (Tujuh) yang ada di Kepualuan Riau.
Hal ini merujuk pada Surat Keputusan Delegasi Republik Indonesia, Provinsi Sumatera Tengah, Tanggal 18 Mei 1956 yang menggabungkan diri ke dalam Wilayah Republik Indonesia, dan Kepulauan Riau kemudian diberi status Daerah Otonomi Tingkat II yang dikepalai Bupati sebagai Kepala Daerah, yang membawahi 4 (empat) Kewedanaan.

Kewedanaan yang dimaksud antara lain :

Kewedanaan Tanjung Pinang, meliputi Kecamatan Bintan Selatan (termasuk Bintan Timur, Galang, Tanjung Pinang Barat dan Tanjung Pinang Timur).
Kewedanaan Karimun, meliputi wilayah Kecamatan Karimun, Kundur dan Maro.
Kewedanaan Lingga meliputi wilayah Kecamatan Lingga, Singkep dan Senayang.
Kewedanaan Pulau Tujuh, meliputi Wilayah, Kecamatan Jemaja, Siantan, Midai, Serasan, Tambelan, Bunguran Barat dan Bunguran Timur.
Dengan adanya pemekaran daerah pada tahun 1999, wilayah Kepulauan Riau kemudian dimekarkan salah satunya adalah dengan membentuk kabupaten baru yaitu Kabupaten Natuna melalui pengesahan Undang-Undang Nomor 53 Tahun 1999. Pada awal berdirinya, Kabupaten Natuna meliputi enam Kecamatan, yaitu Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Barat, Jemaja, Siangan, Midai dan Serasan serta satu Kecamatan Pembantu Tebang Ladan.

Kecamatan Serasan sendiri kemudian mengalami pemekaran pada tahun 2008, dimana Kecamatan Serasan terbagi atas dua, yaitu Kecamatan Serasan (biasa di sebut dengan Kecamatan Serasan Induk) dan Serasan Timur (Kecamatan pemekaran).

Dewasa ini Kecamatan Serasan yang berkedudukan di Pulau Serasan, memiliki luas wilayah ± 226,58 km² dengan luas daratan ± 96,58 km² dan luas lautan ± 130 km², dengan jumlah penduduk 5.231 jiwa.

Pemerintahan Kecamatan Serasan terdiri atas 1 (satu) kelurahan dan 6 (enam) desa, yaitu; Kelurahan Serasan, dengan Desa : Kampung Hilir, Batu Berian, Tanjung Setelung, Tanjung Balau, Pangkalan dan Desa Jermalik.

Kecamatan Serasan secara geografis terletak di Selatan Natuna yang memiliki batas wilayah :

Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Subi.
Sebelah Selatan berbatasan dengan Wilayah Perairan Kecamatan Tambelan dan Provinsi Kalimantan Barat.
Sebelah Barat berbatasan dengan Laut Natuna dan Wilayah Perairan Midai.
Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Serasan Timur dan perairan Negara Malaysia bagian Timur.
Dengan letaknya tersebut, maka Serasan juga sangat dekat dengan Laut Cina Selatan, sehingga pada bulan-bulan tertentu sangat terkenal dengan ombaknya yang besar (tinggi) dan ganas. Sebagai wilayah yang berada di perairan, maka untuk menjangkau Serasan hanya dapat ditempuh dengan melalui jalur udara dan laut saja.

(Ditulis oleh : Hastuti – Redaksi)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pembangunan E-Government Kabupaten Natuna

NATUNA – Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) sebagai alat bantu dalam menjalankan ...