Home / Natuna News / Komitmen Perpustakaan Daerah Kabupaten Natuna

Komitmen Perpustakaan Daerah Kabupaten Natuna

(WartaKOMINFO) – Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Basri berkomitment untuk terus menumbuhkan minat baca di Kabupaten Natuna melalui berbagai macam program kegiatannya yang akan dilaksanakan di tahun 2018 ini.

Adapun program yang dilakukan untuk menumbuhkan minat baca tersebut ialah dengan cara meningkatkan pelayanan melalui program pengembangan budaya dan pembinaan perpustakaan. Dalam program ini kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pihaknya adalah lomba bercerita anak-anak yang berjenjang hingga ke tingkat Nasional.

“Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan itu kegiatannya banyak, seperti lomba bercerita anak-anak, dimana lomba ini berjenjang dari tingkat Kabupaten, Provinsi, hingga ke nasional” ungkap Basri.

Selain itu, untuk terus menumbuhkan minat baca yang ada di daerah ini, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah juga terus meningkatkan pelayanan melalui kegiatan perpustakaan keliling yang mereka miliki serta melakukan pengembangan teknologi informasi perpustakaan yang berkaitan dengan Penyediaan perpustakaan digital.

Untuk kegiatan perpustakaan keliling, selain datang ke sekolah-sekolah dengan menggunakan mobil perpustakaan keliling, pihaknya juga mendatangi tempat-tempat umum yang ramai dikunjungi  seperti di Pantai Kencana dan Pantai Tanjung. Pengoptimalisasian perpustakaan keliling juga dilakukan dengan cara menghadirkan perpustakaan di tingkat kecamatan, hal ini lakukan karena dilihat dari kondisi karakteristik geografis Natuna yang terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil sehingga tidak memungkinkan untuk mobil perpustakaan keliling datang ke kecamatan-kecamatan tersebut.

Sedangkan terkait dengan perpustakaan digital, Basri menjelaskan bahwa “Kita sudah punya perpustakaan digital, cuma masalah aksesnya yang kurang. Sehingga ke depan kita akan menyiapkan hotspot wifi untuk pengunjung serta tahun 2018 ini kita juga akan kerjasama dengan PT Telkom untuk penyediaan itu”.

Basri juga menambahkan bahwa untuk tahun 2018 ini, pihaknya akan mengadakan Pojok LIPI, dimana nantinya di Perpustakaan dan Arsip Daerah ini akan menyediakan karya-karya ilmiah tentang daerah perbatasan hingga riset-riset tentang Natuna.

“Di tahun ini kita juga akan punya Pojok LIPI dan kita sudah MoU dengan Pusat Dokumentasi Informasi Ilmiah (PDII). Jadi akan ada pojok LIPI di perpustakaan nantinya yang berisikan karya ilmiah tentang perbatasan dan penelitian-penelitian yang berkaitan dengan Natuna” ujarnya semangat.

Disamping kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam rangka untuk terus menumbuhkan minat baca yang ada di Kabupaten Natuna ini, peran Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah juga melakukan pembinaan kepada perpustakaan yang ada di seluruh Kabupaten Natuna dimana hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

“Jadi sesuai dengan Undang-Undang No 43 Tahun 2007 tenteng Perpustakaan bahna dinas ini dinas yang juga membina lembaga lain. Di perpustakaan sekolah kami yang bina, perpustakaan daerah, perpustakaan kecamatan, bahkan juga perpustakaan khusus seperti perpustakaan yang ada di OPD-OPD, TNI, Kodim, Polres dan lain sbeagainya” ungkap Basri.

Perpustakaan Daerah

(Diskominfo/Jurnalistik/Dan)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Rapat Koordinasi Penguatan Sinyal Telekomunikasi

(Wartakominfo) – Dua orang pejabat Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan ...