Home / Natuna News / Kunjungan Kerja Bupati Natuna ke Kecamatan Serasan dan Kecamatan Subi

Kunjungan Kerja Bupati Natuna ke Kecamatan Serasan dan Kecamatan Subi

Pemekaran desa baru tentunya bertujuan agar arah pembangunan sebuah daerah menjadi lebih terarah, memperpendek rentang kendali penyelenggaraan pemerintahan serta memberikan hak kepada masyarakat untuk mengelola segala potensi yang ada demi peningkatan kesejahteraan masyarakatnya. Hal ini dikatakan Bupati Natuna pada acara Peresmian Desa Pangkalan, Jum’at (08/03) siang di Desa Pangkalan Kecamatan Serasan.

Bupati mengatakan bahwa untuk mendukung percepatan pembangunan dibutuhkan sarana dan prasarana umum yang memadai, untuk itu pemerintah daerah selalu menitik beratkan pembangunan di seluruh desa, namun mengingat banyaknya desa dan kelurahan serta kecamatan dengan karakter daerah berbentuk kepulauan tentunya harus melalui mempertimbangkan berbagai prioritas dan kebijakan agar seluruh wilayah mendapatkan pembangunan yang benar-benar dibutuhkan pada setiap tahunnya.

Untuk penyelenggaraan pemerintahan desa, pemerintah daerah telah mengalokasikan Anggaran Dana Desa (ADD) yang tidak lain bertujuan agar Pemerintah Desa dapat mengelola kebijakan secara mandiri, ditambah lagi dengan dukungan Program PNPM Mandiri pedesaan dengan anggaran sejumlah 500 juta setiap desanya (250 juta untuk desa pemekaran baru).

Pada kesempatan yang sama, beliau juga mengatakan bahwa saat ini telah tersiar isu bahwa pemerintah daerah telah terpecah yang dihembuskan oleh pihak yang memiliki berbagai kepentingan. Untuk itu, perlu diluruskan bahwa isu tersebut tidaklah benar dan Pemerintah Daerah masih solid walaupun Bupati dan Wakil Bupati Natuna memiliki peran dan fungsi yang cenderung berbeda, akan tetapi tujuan yang ingin dicapai adalah sama, yaitu menuju Natuna Sejahtera, merata dan seimbang.

Selanjutnya beliau juga menambahkan bahwa selama ini sering terjadi dilemma terhadap bantuan sosial serta dana hibah bagi masyarakat dimana nilai yang disalurkan tidak seimbang dengan pengeluaran masyarakat selama mengurus pencairan (di ibukota kabupaten) mengingat sebagian besar masyarakat berdomisili di beberapa kecamatan yang terpisah daratan serta kecenderungan terjadinya makelar proposal.

Untuk itu, pemerintah telah mengambil kebijakan bersifat administrative yang dirasa mampu memudahkan penyaluran serta agar dana tersebut benar – benar sampai pada yang berhak.

Bupati Natuna juga telah mencanangkan bantuan sosial bagi masyarakat kurang mampu dengan anggaran senilai 350 ribu (per kepala keluarga) per bulan .

Dalam kunjungan kerja kali ini, Bupati Natuna juga meresmikan Desa Jermalik, Peresmian Pasar Ikan Kelurahan Serasan, Penegerian SMA 1 Serasan Timur, Peresmian Proyek PNPM Mandiri Pedesaan dan Penyerahan Transportasi Laut Kecamatan Subi.

Pada beberapa rangkaian kegiatan, Bupati juga menyerahkan bantuan GPS dengan tujuan untuk meningkatkan hasil tangkapan perikanan bagi para nelayan tradisional di Kecamatan Serasan dan Kecamatan Serasan Timur.

Bupati Natuna juga memberikan bantuan alat bantu baca (kaca mata) dan beberapa alat bantu lain (kursi roda, tongkat tunggal dan tongkat ganda serta alat bantu pendengaran) bagi masyarakat di Kecamatan Subi.

Peliput : ermiza, endang, sri lulus yustami

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Natuna Dapat Proritas Tiga SPBUN Tahun Ini

Natuna – Kepala Bagian Migas Pemkab Natuna, Faisal mengatakan tahun ini pemerintah ...