Home / Natuna News / KUNJUNGAN KERJA MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN

KUNJUNGAN KERJA MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN

Susi : “Natuna Berhenti Memunggungi Laut, Natuna Berandanya Adalah Laut”

Natuna – Natuna merupakan salah satu titik penting kedaulatan Indonesia di laut. Keseriusan Menteri Kelautan dan Perikanan terhadap kemajuan dan kemakmuran masyarakat Natuna perlu diacungi jempol. Berbagai program pembagunan fasilitas kelautan dan perikanan untuk Kabupaten Natuna telah dilaksanakan dengan baik meskipun masih ada beberapa pembangunan yang masih dalam proses penyelesaian.

“Jadikan Laut sebagai Beranda Depan Rumah Kita”, itulah semboyan yang diucapkan khusus oleh Menteri Kelautan dan Perikanan untuk Kabupaten Natuna dalam upaya menjaga keamanan dan kelestarian laut Natuna.

Semboyan tersebut dikemukakan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti dalam rangka Kunjungan Kerja ke Kabupaten Natuna, Senin 07/08).

Kunjungan tersebut dilakukan  untuk melihat langsung hasil pengerjaan pembangunan SKPT yang rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden RI pada bulan Oktober mendatang.

Susi mengatakan keindahan laut Natuna sangat luar biasa, namun ia menyanyangkan dengan belum adanya kesadaran masyarakat untuk menjaganya dengan kondisi terumbu karang yang rusak akibat dari nelayan nakal yang menangkap ikan dengan menggunakan bom dan portasium. Selain itu dampak dari akibat sampah plastik terhadap kelestarian alam juga sudah memperihatinkan.

“Sampah organik boleh jika dibuang kelaut karena menjadi makanan, tapi sampah pelastik tidak boleh,  jika terus dilakukan maka akan berdampak buruk terhadap kelestarian laut, logikanya saja jika laut kita banyak sampahnya maka ketika kita memasang jaring atau mancing maka yang tercantol adalah sampah bukannya ikan”, dikatakan Susi dalam sambutannya.

Selanjutnya Susi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Natuna untuk tidak lagi menangkap ikan dengan menggunakan bom dan pertasium dan juga tidak membuang sampah plastik dilaut. Himbauan tersebut ditegaskan oleh Susi khus untuk Kabupaten Natuna dengan gerakan, yaitu “Gerakan Natuna Berhenti Memunggungi Laut, Natuna Berandanya Adalah Laut”.

Selain melakukan kunjungan kerja, Menteri Susi juga memberikan bantuan kepada nelayan Natuna.

“Saya berharap dengan bantuan ini yang totalnya lebih kurang tujuh miliyar rupiah dapat membantu masyarakat yang betul-betul membutuhkan, tidak ada lagi penangkapan ikan menggunakan bon atau portas dan tidak membuang sampah di laut”, tegas Susi.

(diskominfo/sumardi)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Sosialisasi Indikator Sosial Dan Makro Ekonomi Serta Statistik Sektoral Bagi Pemerintah Kabupaten Natuna.

Dalam Sinkronisasi Bedah Indikator Makro Sosial, Ekonomi Kabupaten Natuna tentunya diketahui bersama ...