Home / Natuna News / Kunjungan kerja, Perkokoh Silaturahmi dan Jaga Budaya

Kunjungan kerja, Perkokoh Silaturahmi dan Jaga Budaya

Agar pembangunan berjalan dengan hasil sebagaimana yang diharapkan, pengawasan dari unsur pemerintahan dan elemen masyarakat setempat sangat dibutuhkan. Untuk itu, partisipasi aktif dari semua pihak sangat dibutuhkan sehingga percepatan pembangunan khususnya di tingkat kecamatan dan pedesaan dapat terealisasi sebagaimana mestinya. Demikian disampaikan Wakil Bupati Natuna, Imalko, S.Sos saat memberikan sambutan dalam acara Ramah Tamah kunjungan kerja (kunker) ke Desa Belakang Gunung Kecamatan Bunguran Utara, Jumat (7/2/2014) Sore.

Wakil Bupati mengatakan bahwa tujuan kunjungan kerja kali ini tidak lain memantau pelaksanaan pembangunan fisik tahun anggaran 2013 di Kecamatan Bunguran Utara, serta menganalisa dan menyerap aspirasi masyarakat yang sampai saat ini masih mengalami berbagai hambatan, kondisi jalan, listrik dan air bersih yang sedang dalam tahap pembenahan, mutu pelayanan kesehatan dan penyelenggaraan pendidikan yang belum maksimal dan lain sebagainya.

Menyikapi hal diatas, Wakil Bupati menyampaikan agar masyarakat Kecamatan Bunguran Utara khususnya dan masyarakat Kabupaten Natuna pada umumnya diharapkan dapat bersabar dan menahan diri, karena saat ini Pemerintah Daerah sedang berupaya mengoptimalkan penyerapan anggaran bagi pemerataan pembangunan.

Lebih lanjut beliau tambahkan, dalam pelaksanaan pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah merupakan keputusan bersama antara usulan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Natuna yang dipaparkan dalam Anggaran Pendapat dan Belanja Daerah (APBD) dengan tetap memperhatikan skala prioritas Namun patut disadari mengingat kondisi geografis dan keterbatasan anggaran dan sumberdaya menyebabkan jalannya pembangunan di Kabupaten Natuna menjadi sedikit lamban dan mahal.

Selain itu dikatakan pula bahwa selain tujuan utama kegiatan, kunjungan kerja kali ini juga melibatkan tim gasing yang ada di Kabuputen Natuna, Kecamatan Bunguran besar khususnya adalah sebagai sarana untuk menjaga khasanah budaya yang sudah ada agar tetap dapat menjadi warisan daerah.

Hal ini dimaksudkan, mengingat kondisi atraksi permainan yang bernilai budaya saat ini semakin ditinggalkan, karena generasi muda saat ini cenderung menyukai permainan dengan aplikasi kemajuan teknologi yang lebih modern, seperti game online melalui aplikasi internet. Untuk itu, pada kesempatan tersebut beliau juga memberikan apresiasi kepada para pelaku/pelestari gasing yang berada di pedesaan yang sampai saat ini masih giat menjaga dan melestarikan permainan budaya gasing ini, serta seluruh pihak yang terlibat dalam memperkenalkan gasing kepada para generasi muda sebagai permainan budaya yang patut dijaga eksistensinya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Belakang Gunung, Sholahudin dalam laporannya menyatakan, saat ini jumlah penduduk Desa Belakang Gunung mencapai 100 Kepala Keluarga. Sedangkan untuk pembangunan yang perlu mendapat perhatian Pemerintah Daerah adalah pembangunan rumah ibadah (Masjid) yang sampai saat ini belum pernah mendapat alokasi anggaran dari Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna dan jalan lingkar kecamatan, karena selama ini jalan yang ada kondisinya cukup memprihatinkan dan mengganggu berbagai aktivitas masyarakat.

(Bagian Humas Setda. Kab. Natuna : Mz/Alx)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Sosialisasi Indikator Sosial Dan Makro Ekonomi Serta Statistik Sektoral Bagi Pemerintah Kabupaten Natuna.

Dalam Sinkronisasi Bedah Indikator Makro Sosial, Ekonomi Kabupaten Natuna tentunya diketahui bersama ...