Home / Natuna News / Launching Program Kartu Identitas Anak (KIA) dan Program Inovasi Kependudukan

Launching Program Kartu Identitas Anak (KIA) dan Program Inovasi Kependudukan

Bupati Natuna Drs. H. A. Hamid Rizal, M.Si membuka secara resmi Launching Program Kartu Identitas Anak (KIA), Program Inovasi Kependudukan, dihadiri oleh Sekretaris Daerah Wan Siswandi, S. Sos, Asisten serta beberapa OPD, Camat dan Kepala Sekolah di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, rabu (29/11) siang.

Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa pelaksanaan penertiban Kartu Identitas Anak merupakan program nasional dalam bentuk pemenuhan kewajiban negara bagi kepemilikan dokumen identitas masyarakat yang berusia dibawah 17 tahun sebagai wujud kehadiran negara bagi menjamin dan menjaga agar anak – anak terlindungi dan mendapatkan hak – hak mereka.

Ditambahkan pula dengan keberadaan kartu identitas diri ini, diharapkan kedepannya anak – anak daerah mendapatkan kemudahan terutama bagi akses pelayanan publik secara mandiri dan dapat memenuhi kebutuhan secara lebih cepat, murah dan berkeadilan baik dalam hak mendapatkan pendidikan yang layak, pelayanan kesehatan yang prima serta berbagai pelayanan sosial lainnya.

Selanjutnya ketua pelaksana/ Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Ilham Kauli, S.Sos,M.Si melaporkan bahwa penerapan kartu identitas anak ini merupakan sebuah prestasi yang diraih dalam upaya mewujudkan pelayanan administasi kependudukan sebagaimana tertuang dalam peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 2 tahun 2016 , tentang Kartu Identitas Anak dan keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 471 – 13 – 112 Disduk Capil tahun 2017 tentang Penetapan Kabupaten/Kota sebagaimana pelaksanaan penertiban kartu identitas anak

Ditambahkan pula bahwa program inovasi pelayanan (3 in 1) dengan mengurus permohonan mendapatkan 3 dokumen kependudukan sekaligus yaitu akta kelahiran, kartu keluarga dan kartu identitas anak (KIA) dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan didalam tertib administrasi kependudukan terutama kesiapan pelaksanaan kartu identiras anak (KIA).

(Humas_P / Jasipah)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Natuna Dapat Proritas Tiga SPBUN Tahun Ini

Natuna – Kepala Bagian Migas Pemkab Natuna, Faisal mengatakan tahun ini pemerintah ...