Home / Natuna News / Libur Sekolah dan Libur Lebaran

Libur Sekolah dan Libur Lebaran

Arus Mudik sudah mulai nampak meningkat
Kabupaten Natuna adalah termasuk salah satu dari ke-7 (tujuh) Kabupaten / Kota yang ada di Provinsi Kepulauan Riau, dengan jumlah Penduduk pada Tahun 2012 kemarin 76.305jiwa (sumber NDA 2012). Sama halnya dengan Penduduk yang terdapat di Kabupaten / Kota lainnya, seperti Kota Batam, Kota Tanjung Pinang, Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga, Kabupaten Bintan, Kabupaten Kepulauan Anambas. Sekitar lebih kurang 30% s/d 40% Penduduk Kabupaten Natuna adalah pendatang (perantau).
Semenjak awal bulan Ramadhan 1435H kemarin, Rumah Sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar sampai Sekolah Tingkat Atas “libur” setelah kelulusan dan juga kenaikan kelas. Setelah itu, peningkatan arus penumpang, baik itu yang lewat laut dengan Kapal regular atau yang lewat udara dengan Pesawat komersil sudah mulai nampak. Terlihat dari pantauan redaksi, pada hari Minggu tanggal 06 Juli 2014 yang lalu, di Pelabuhan Selat Lampa begitu banyak penumpang yang naik KM. Bukit Raya dengan rute pada saat itu menuju Tanjung Pinang dan juga Jakarta.

Hal ini didorong dari informasi mendadak yang disampaikan oleh Pihak PELNI terkait perubahan rute normal yang dilalui oleh KM. Bukit Raya ini. Dimana jadwal terakhir masuk wilayah Natuna adalah tanggal 13 Juli 2014, selanjutnya TIDAK ADA lagi jadwal sebagaimana biasa, dan akan masuk wilayah Natuna lagi pada tanggal 17 Agustus 2014 dengan arah / rute yang dituju : Midai – Serasan – Pontianak – Tanjung Perak (Surabaya).

Kemudian untuk arus penumpang pesawat, dari pantauan redaksi juga sudah cukup signifikan meningkat untuk penumpang yang akan ke luar Natuna. Dari informasi rekan-rekan ticketing (yang jual tiket), untuk tiket pesawat mulai dari tanggal 10 Juli 2014 sampai dengan tanggal 26 Juli 2014 (H – 3 dari Lebaran Idhul Fitri 1435H), tiket sudah terjual semua (full seat) untuk ke-2 (dua) Maskapai “Wings Air & Sriwijaya”.

Sebagaimana Tahun-tahun sebelumnya, dapat disampaikan juga bahwa TNI Angkatan Udara Ranai juga turut andil dalam memberikan bantuan sarana penunjang arus mudik Lebaran Tahun 2014 ini. Bersama Maskapai PAUM (Pesawat Angkatan Udara Militer) yang rutin masuk – ke luar Natuna, dengan rute “Tanjung Pinang – Natuna – Pontianak – Natuna – Tanjung Pinang”. Komando TNI AU Ranai dengan resmi telah mengumumkan kepada Masyarakat Natuna, yang membutuhkan Transportasi jalur Udara untuk ke dan atau dari Natuna, diperkenankan untuk mendaftar sebagai Penumpang PAUM, dengan jadwal dan rute sebagai berikut :

Jadwal PAUM – 1 :

Tanggal 14 Juli 2014, rute : Tanjung Pinang – Natuna – Pontianak – Natuna

Tanggal 15 Juli 2015, rute : Natuna – Tanjung Pinang

Jadwal PAUM – 2 :

Tanggal 24 Juli 2014, rute : Tanjung Pinang – Natuna – Pontianak – Natuna

Tanggal 25 Juli 2015, rute : Natuna – Tanjung Pinang

Hal ini disambut positif oleh calon-calon penumpang yang akan pulang dan juga berangkat. Dengan alasan, karena menggunakan alternatif ini (Pesawat PAUM) akan cukup menghemat biaya / ongkos dibanding dengan maskapai sipil yang regular beroperasi ke dan dari Natuna (Wings Air dan Sriwijaya). Selain itu juga dikarenakan volume penumpang yang cukup banyak, sehingga masih ada penumpang yang tidak mendapatkan tiket/seat pada penerbangan yang regular tadi. Untuk Jadwal Transportasi yang detailnya, baik melalui Laut dengan Kapal dan juga melalui Udara dengan Pesawat, dapat dilihat pada menu “INFORMASI TRANSPORTASI” pada Website dishubkominfo.natunakab.go.id

(Ditulis oleh : Meriadi – Staf Bid. Kominfo, Dishub Kominfo)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Sosialisasi Indikator Sosial Dan Makro Ekonomi Serta Statistik Sektoral Bagi Pemerintah Kabupaten Natuna.

Dalam Sinkronisasi Bedah Indikator Makro Sosial, Ekonomi Kabupaten Natuna tentunya diketahui bersama ...