Home / Natuna News / Malam Prajurit Multilateral Naval Exercise Comodo 2014

Malam Prajurit Multilateral Naval Exercise Comodo 2014

Dalam kegiatan Malam Gelar Budaya dan Malam Prajurit yang merupakan rangkaian kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 yang dilaksanakan di Pantai Kencana Ranai, Rabu (02/04) malam, Kepala Satuan Angkatan Laut, Laksamana Marsetio menyampaikan apresiasi bagi seluruh unsur yang mendukung kegiatan tersebut, terutama para personil TNI AL yang bertugas di Pangkalan Angkatan Laut Ranai serta Jajaran Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Natuna yang pada saat ini menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan.

Dikatakan pula bahwa kegiatan ini merupakan kali pertama diadakan dan akan menjadi agenda dua tahunan, untuk tahun ini partisipan kegiatan berasal dari 18 negara yang mengerahkan 14 kapal perang asing dengan tujuan utama untuk menjalin dan mempererat koordinasi terutama para delegasi yang berpartisipasi pada momentum ini, meningkatkan kemampuan tanggap bencana, tanggap kemanusiaan serta meningkatkan mutu sarana dan prasarana public yang dirasa langsung menyentuh kepentingan masyarakat banyak, seperti pembuatan jalan. Selain itu pula kegiatan ini juga meliputi pelayanan medis untuk perawatan kesehatan bagi masyarakat tempatan.

Selanjutnya, ditinjau dari karakter daerah dan letak geografis, menurut Laksamana Marsetio daerah ini memiliki berbagai potensi yang sepatutnya dapat dikembangkan dimasa hadapan, selain migas misalnya destinasi wisata, wisata bawah laut, perikanan dan perkebunan. Namun demikian program yang tepat serta langkah konkrit dalam menjalankan pembangunan yang melibatkan seluruh unsure harus selalu dioptimalkan. Pada kesempatan tersebut, Laksamana Marsetio juga menyampaikan bantuan berupa 1 unit bus VIP dan 1 unit kendaraan angkutan awak kapal kepada Pangkalan Angkatan Laut Ranai (pengiriman akan tiba pada bulan Juni mendatang), serta 5 unit sepeda motor yang diperuntukkan bagi Komandan Pos Angkatan Laut (Sedanau, Sabang Mawang, Pulau Laut, dan Penagi). Bupati Natuna, Drs. H. Ilyas Sabli.M.Si pada kesempatan yang sama menyampaikan apresiasi kepada pihak Satuan Angkatan Laut RI karena telah menetapkan Kabupaten Natuna sebagai salah satu lokasi kegiatan Latma Multilateral Komodo 2014, karena melalui kegiatan ini, informasi keberadaan berbagai potensi yang ada dapat tersebar luas. Diakui bahwa daerah ini memiliki begitu banyak potensi yang jika dioptimalkan pemberdayaannya dapat membawa daerah ini kearah kemajuan dan kesejahteraan. Diantaranya potensi wisata yang masih belum dapat dipromosikan mengingat berbagai sarana dan prasarana pendukung belum memadai.

Namun demikian, Pemerintah Daerah akan senantiasa memacu percepatan pembangunan sehingga pada masanya nanti Kabupaten Natuna akan dikenal sebagai beranda perbatasan NKRI yang menggambarkan miniature pembangunan Bangsa yang maju dan sejahtera.

Peliput: Staf Bagian Humas/Endang

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pembangunan E-Government Kabupaten Natuna

NATUNA – Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) sebagai alat bantu dalam menjalankan ...