Home / Natuna News / MTQ, Wujud Keseriusan dalam Pembinaan Tilawatil Qur’an Pembinaan Generasi Qur’ani

MTQ, Wujud Keseriusan dalam Pembinaan Tilawatil Qur’an Pembinaan Generasi Qur’ani

Kemajuan pembangunan agar dapat diselaraskan dengan nilai-nilai yang berkembang ditengah masyarakat timur, harus selalu ditanamkan sejak dini, seperti norma agama yang akan menjadi filter bagi pengaruh negatif modernisasi. Sehingga kelestarian budaya tempatan dan masyarakat madani dapat selalu terpelihara.

Hal ini disampaikan Bupati Natuna, Drs. H. Abdul Hamid Rizal,M.Si ketika membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Qur’an Tingkat Kecamatan Pulau Tiga, Tahun 2017, yang diselenggarakan di Desa Sabang Mawang, Sabtu (18/11) malam, dihadiri pula oleh Anggota DPRD (Yohanis), Pimpinan OPD, Kepala Desa dan  BPD, serta tokoh masyarakat dan alim ulama Kecamatan Pulau Tiga.

Beliau mengharapkan bahwa kegiatan ini hendaknya menjadi momentum keseriusan bersama dalam rangka pengentasan buta aksara Al Qur’an serta dapat dijadikan peluang untuk saling belajar, silaturrahmi dan evaluasi terutama terkait upaya meningkatkan mutu pembinaan dan pengembangan Tilawatil Qur’an di tingkat Desa dimasa yang akan datang.

Kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kecamatan Pulau Tiga dan segenap unsur terkait, beliau berharap agar dapat mendukung program kerja pemerintah, diantaranya dengan menggiatkan kembali berbagai kajian bersama serta pengenalan Al Qur’an sejak dini pada lembaga Pendidikan Al Qur’an maupun melalui program yang diselenggarakan di Rumah Ibadah (Surau/Masjid).

Camat Pulau Tiga, Abdul Karim,S.Sos, menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ kali ini merupakan yang pertama kali diadakan di Kecamatan Pulau Tiga selama 12 tahun terbentuknya Kecamatan dan selalu ikut partisipasi dalam setiap perhelatan MTQ/STQ ditingkat Kabupaten.

Untuk menunjukkan komitmen segenap unsur pembangunan terutama dibidang pengembangan Tilawatil Qur’an, Kecamatan Pulau Tiga akan siap bila ditunjuk  sebagai tuan rumah pada MTQ Tingkat Kabupaten tahun 2020 mendatang.

Ketua Umum LPTQ Kecamatan Pulau Tiga, M. Zawali, melaporkan kegiatan ini akan menjadi agenda rutin yang dilaksanakan 2 tahun sekali dengan tujuan untuk mencari bibit Qori dan Qori’ah yang akan dipersiapkan menjadi duta tilawatil Qur’an  pada MTQ Tingkat Kabupaten Natuna Tahun 2018 mendatang yang akan diselenggarakan di Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Adapun cabang – cabang yang akan diperlombakan pada MTQ ke – I Tingkat Kecamatan Pulau Tiga diantaranya Cabang Tilawah (tingkat Anak-anak, Remaja dan Dewasa), Hifzil, Tartil, Sarhil dan Fahmil Qur’an.

(Humas_P/Arf)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Natuna Dapat Proritas Tiga SPBUN Tahun Ini

Natuna – Kepala Bagian Migas Pemkab Natuna, Faisal mengatakan tahun ini pemerintah ...