Home / Natuna News / Operasi Simpatik Seligi Tahun 2014

Operasi Simpatik Seligi Tahun 2014

Dalam upaya menertibkan lalu lintas jalan raya Kabupaten Natuna, serta menyambut Bulan Suci Ramadhan 1435H yang sebentar lagi akan datang, Polres Kabupaten Natuna bersama dengan Dishub Kominfo Kab. Natuna (Bidang Perhubungan Darat), Polisi Militer (PM), POM AU dan AL Ranai melakukan operasi (razia kendaraan bermotor), dengan nama OPERASI SIMPATIK SELIGI TAHUN 2014, yang dilakukan mulai dari tanggal 14 Mei s/d 03 Juni 2014.
Lokasi operasi menggunakan sistem spontanitas, bahkan personil pun tidak mengetahui tempat dan lokasi operasi yang akan dilakukan. Lokasi baru diketahui dan disebutkan setelah Apel Personil sebelum kegiatan dilakukan pada hari itu. Untuk operasi pagi mulai jam 07.00WIB s/d 08.30WIB dan untuk sore mulai jam 16.00WIB s/d 17.30WIB.
Operasi tidak hanya dilakukan pagi dan sore hari saja, namun juga dilakukan pada malam hari, biasanya dilakukan pada malam-malam hari libur (Sabtu dan Minggu). Hal ini dilakukan, karena pada malam hari banyak pengendara kendaraan bermotor yang tidak mematuhi aturan dan tata tertib berlalu lintas, seperti tidak memakai helm dan juga banyak yang terlihat tidak menggunakan lampu kendaraan. Operasi malam hari mulai dilakukan pada tanggal 24 Mei, mulai jam 20.00WIB s/d 21.30WIB.

Operasi ini dilakukan demi untuk meningkatkan kedisiplinan dan untuk keselamatan pengguna jalan, maka dari itu setiap pengendara harus melengkapi surat-surat kendaraan seperti STNK, BPKB dan SIM. Selain itu kelengkapan kendaraan yang digunakan juga harus lengkap dan juga tidak membawa muatan yang melebihi kapasitas standar kendaraan yang digunakan. Jika terdapat pengendara yang tidak memiliki surat-surat kendaraan dan kelengkapan kendaraannya kurang atau muatannya melebihi kapasitas standar kendaraan, maka terpaksa kendaraan tersebut akan ditahan/ditilang ole personil saat operasi.

Dari operasi ini diharapkan, kepada seluruh pengendara kendaraan bermotor (Motor dan atau Mobil), dapat bisa memenuhi semua syarat-syarat yang telah ditentukan demi untuk ketertiban dan keselamatan pengendara sendiri dan juga orang lain yang menggunakan sarana jalan raya.

(Ditulis oleh : Meriadi – Staf Dishub Kominfo)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pembangunan E-Government Kabupaten Natuna

NATUNA – Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) sebagai alat bantu dalam menjalankan ...