Home / Natuna News / Optimalisasi Pembangunan Menyongsong Natuna MAS 2020

Optimalisasi Pembangunan Menyongsong Natuna MAS 2020

Peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan sangat diharapkan dalam mencapai kesejahteraan. Karena sebaik apa pun perencanaan yang diprogramkan tanpa dukungan secara moril dan komitmen bersama dari masyarakat tentunya akan sulit untuk mencapai kemajuan dalam pelaksanaan pembangunan.

Peresmian PosyanduAdanya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) dan program Alokasi Dana Desa (ADD) merupakan bentuk perhatian yang diperuntukan bagi masyarakat dalam mengembangkan perekonomian dan percepatan pembangunan ditingkat pedesaan. Untuk itu, dalam pelaksanaannya diharapkan agar masyarakat pedesaan benar-benar memanfaatkan kesempatan tersebut dalam upaya-upaya perbaikan infrastruktur pedesaan yang nantinya dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan kesejahteraan dan pelayanan umum.

Peresmian Posyandu Oleh Plt. Bupati NatunaHal ini disampaikan Plt.Bupati Natuna, Drs. H Raja Amirullah, Apt saat memberikan sambutan pada acara Peresmian Gedung Posyandu Desa Harapan Jaya dan Desa Air Lengit serta Gedung PKK Desa Air Lengit, Rabu (05/05) siang di Desa Air Lengit Kecamatan Bunguran Tengah. Lebih lanjut ditambahkan bahwa PNPM-MP merupakan salah satu program nasional yang bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja dalam bentuk pembangunan dan pembenahan infrastruktur pedesaan dengan memberdayakan masyarakat setempat. Sedangkan pembangunan gedung PKK adalah salah satu kebijakan pemerintah desa mengingat gedung ini sangat dibutuhkan bagi masyarakat saat ini. Hal ini merupakan salah satu bentuk partisipasi pemerintah dan masyarakat tingkat pedesaan untuk memenuhi kepentingan bersama dan merupakan salah satu langkah yang tepat. Untuk itu kedepan diharapkan Alokasi Dana Desa benar-benar dimanfaatkan untuk menunjang infrastruktur dibidang pelayanan lain sehingga terjadi percepatan pembangunan sebagaimana diharapkan bersama..

Sambutan Camat Bunguran TengahDalam kesempatan yang sama Camat Bunguran Tengah, Ahmad Nur Fatah S.Sos.M.Si dalam laporannya menyatakan bahwa sebagai daerah eks transmigrasi, Kecamatan Bunguran Tengah memiliki karakter wilayah daratan dengan tanah yang subur dan masyarakat yang dekat dengan dunia pertanian. Sehingga daerah ini sangat memungkinkan untuk pengembangan potensi dibidang pertanian dan perkebunan.

Peresmian PosyanduSampai saat ini lahan yang telah digarap untuk sawah seluas 134 Ha (0,43%), Perkebunan karet dan kelapa 2,8%, perkebunan palawaija 0,25%, perikanan darat 0,3%, pemungkiman 0,67% sedangkan masih ada sekitar 29.000 Ha lahan yang belum tergarap secara optimal.

Adapun pembangunan gedung Posyandu Desa Air Lengit dan Desa Harapan Jaya bersumber dari Program PNPM-MP menelan anggaran sebesar Rp. 164.460.000,-. Sedangkan untuk pembangunan gedung PKK Desa Air Lengit bersumber dari ADD Desa Air Lengit sebesar Rp.50.000.000,- (Ermiza/Alex)

Sumber : Bagian Umum Setda Kab. Natura (06/05/2010)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Penggiat KB Terima Penghargaan Dari Bupati

Natuna –  Bupati Natuna Hamid Rizal menyerahkan piagam penghargaan kepada penggiat Keluarga ...