Home / Natuna News / Pelatihan E-KTP dan SIAK di Kabupaten Natuna

Pelatihan E-KTP dan SIAK di Kabupaten Natuna

Pelaksanaan pembangunan tidak hanya dioptimalkan dibidang fisik saja, tetapi sector pelayanan juga menjadi prioritas, dengan mewujudkan pelayanan yang professional, efektif dan efisien sebagai cerminan serta indikasi kemajuan sekaligus pencitraan terhadap keberhasilan pembangunan dalam sebuah daerah.

Sebagai wilayah maritime/geografis kepulauan, tentunya pelaksanaan pelayanan baik kesehatan, pendidikan, administrasi pemerintahan dan sector – sector lain selalu mengalami kendala. Namun seiring berjalannya waktu dan kemajuan dibidang teknologi informasi telahpun memberikan pencerahan serta berbagai kemudahan yang telah diterapkan dalam pelaksanaan pembangunan melalui implementasi e-governent. Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) merupakan salah satu program starategis pemerintah pusat yang mulai dilaksanakan di kabupaten Natuna sebagai salah satu langkah strategis optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi di sector pelayanan kependudukan.

Demikian disampaikan Bupati Natuna melalui sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Syamsurizon ,SH, M.Si saat membuka acara Pelatihan Tenaga Operator Sistem Informasi Administrasi kependudukan (SIAK) se Kabupaten Natuna, Senin, (25/06) pagi di Aula asrama Haji Komplek Natuna Gerbang Utara Ku (NGU).

Lebih lanjut ditambahkan, dengan penataan informasi melalui sarana elektronik yang terintegrasi dengan system internet tentunya, akan mampu menfasilitasi pelayanan bidang kependuduan yang pada gilirannya , tersedianya data kependudukan secara akurat dan terkini.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Natuna, Drs. Marwan melaporkan, dengan terselenggaranya operator E-KTP dan SIAK diharapakan penataan data kependudukan dapat dilaksanakan lebih optimal.

Pada kesempatan ini, para peserta akan diberikan bimbingan teknis operasional alat rekam data elektronik berupa sidik jari, pas Foto, tanda tangan dan iris mata serta teknis pengoperasian aplikasi SIAK.

Peserta berjumlah 50 orang yang terdiri dari utusan kecamatan (48 orang) dan administrator Dinas Kependudukan dan catatn sipil (2 orang).

Sumber: Bagian Humas Setda Kabupaten Natuna 25/06/2012

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Penggiat KB Terima Penghargaan Dari Bupati

Natuna –  Bupati Natuna Hamid Rizal menyerahkan piagam penghargaan kepada penggiat Keluarga ...