Home / Natuna News / Pelatihan Kewirausahaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Pelatihan Kewirausahaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Dalam upaya membantu percepatan peningkatan usaha masyarakat, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah daerah, mulai dari berbantuan dana bergulir, pelatihan – pelatihan yang bersifat peningkatan keterampilan untuk meningkatkan hasil produksi bahkan media pasar sebagai tempat pengembangan ekonomi masyarakat, namun sampai saat ini belum menunjukkan peningkatan yang berarti.

Pelatihan Kewirausahaan Usaha Mikro Kecil & MenengahHal ini dikarenakan beberapa hambatan yang telah menjadi permasalahan dan dilemma dalam masyarakat kita, dimana para nasabah yang telah diberikan pinjaman cenderung menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif, sehingga mengakibatkan terhambatnya proses produksi dan secara otomatis pengembalian dana bergulir tersebut akan terkendala.

Pelatihan Kewirausahaan Usaha Mikro Kecil & MenengahDemikian disampaikan Bupati Natuna melalui Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Drs. Minwardi saat memberikan sambutan dan membuka secara resmi acara Pelatihan Kewirausahaan Untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Selasa(05/4) pagi di Aula Penginapan Feliona.

Pelatihan Kewirausahaan Usaha Mikro Kecil & MenengahLebih lanjut dikatakan, bantuan yang diberikan hendaknya dipergunakan sebagai modal tambahan bagi pengusaha yang kekurangan modal untuk mengembangkan usaha, bukan sebagai modal awal bagi masyarakat untuk membuka usaha. Dan yang paling penting serta harus disadari bersama bahwa pinjaman dana bergulir ini tidak lain bertujuan untuk mempercepat pengembangan usaha, meningkatkan mutu produksi, menciptakan pengusaha yang mandiri dan berdaya saing.

Pelatihan Kewirausahaan Usaha Mikro Kecil & MenengahDalam kesempatan yang sama Kepada Dinas, Drs.H. Sabli Ismail dalam laporanya Alokasi dana bergulir yang telah dikucurkan untuk Kabupaten Natuna sebesar Rp. 35 Miliar, akan tetapi dari hasil rekapitulasi tahun 2011, pengembalian hanya Rp. 6 miliar atau 17% dari total anggarannya. Untuk itu dirasa perlu mengambil langkah strategis dalam menyelesaikan masalah ini, yaitu memberikan pembinaan yang diharap mampu meningkatkan keterampilan para pengusaha miro, kecil dan menengah, serta menumbuhkan kesadaran kepada seluruh nasabah bahwa dana bergulir tersebut bertujuan untuk membantu mengembangkan usaha, namun dana tersebut akan digulirkan kembali kepada pengusaha lain dengan tujuan yang sama, untuk itu diharapkan kepada seluruh nasabah agar selalu berupaya untuk mengembalikan dana tersebut sesuai dengan ketetapan yang berlaku.

Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dengan jumlah peserta yang ikut dari 12 kecamatan sebanyak 45 orang. (Ermiza/Alex)

Sumber : Bagian Umum Setda Kab. Natuna (05/04/2011)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Natuna Dapat Proritas Tiga SPBUN Tahun Ini

Natuna – Kepala Bagian Migas Pemkab Natuna, Faisal mengatakan tahun ini pemerintah ...