Home / Natuna News / Pelatihan Pengolahan Tongkol Asap dan Penyerahan Alat Bantuan

Pelatihan Pengolahan Tongkol Asap dan Penyerahan Alat Bantuan

Pembukaan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Pengolahan Tongkol Asap dan Penyerahan Hibah Alat Pengolahan Hasil Perikanan Tahun 2014
Sumberdaya kelautan dan perikanan merupakan pontensi yang dapat diperbaharukan dengan syarat dalam pemanfaatannya harus diselengarakan secara bijak, menjaga kelestarian dan keseimbangan ekosistem karna eksplotasi secara berlebihan serta penggunaan cara-cara yang bersifat merusak akan membawa dampak buruk bagi habitat ikan dalam jangka waktu yang sangat lama.
Hal ini disampaikan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Drs. H. Izwar Asfawi pada acara Pembukaan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Pengolahan Tongkol Asap dan Penyerahan Hibah Alat Pengolahan Hasil Perikanan tahun 2014, di Sisi Basisir Ranai, Senin (20 Oktober 2014) siang.

Dikatakan pula bahwa mengingat pentingnya intervensi Pemerintah Daerah dalam upaya mengembangkan usaha, telah pun dirancang berbagai kebijakan pengembangan sektor perikanan, diantaranya mesin produksi pengolahan yang merupakan salah satu faktor pendukung dalam meningkatkan produktifitas usaha, terlebih lagi ikan tongkol merupakan salah satu pangan asli Natuna dan bukan tidak mungkin produk ikan tongkol asap dapat menjadi komoditi unggulan daerah.

Pada kesempatan yang sama Ketua Pelaksana kegiatan, Ir. Wahyu Nugroho, Ma. melaporkan bahwa tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) dalam pengolahan tongkol asap, dengan didukung penyerahan mesin produksi (alat penghisap ikan, penggiling daging dan alat pengiris kerupuk) sebagai pendukung upaya peningkatan produktifitas.

Adapun nama kelompok yang ikut dalam kegiatan pelatihan ini diantaranya Poklahsar Teratai, Kembang Kencana, Wanita Nelayan Mandiri I dan Wanita Mandiri II yang berasal dari Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Tengah, Bunguran Selatan dan Kecamatan Bunguran Timur Laut.

(Ditulis oleh : Ermiza,Sri Lulus Yustami & Jasipah, Bagian Humas Kab. Natuna)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

KEIN, Pengumpulan Data sebagai bahan evaluasi Kebijakan Pengembangan Sektor Industri dan Potensi Maritim Daerah

Bupati Natuna, Drs. H. Abdul Hamid Rizal,M.Si didampingi beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat ...