Home / Natuna News / Pelatihan Pertanahan Bagi Aparatur Kecamatan, Kelurahan, dan Perangkat Desa Tahun Anggaran 2013

Pelatihan Pertanahan Bagi Aparatur Kecamatan, Kelurahan, dan Perangkat Desa Tahun Anggaran 2013

Dalam pelaksanaan pembangunan fisik sarana dan infrastruktur umum yang diselenggarakan pemerintah daerah tidak akan terlepas dari ketersediaan lahan/tanah untuk lokasi pembangunan. Dengan kata lain, pemerintah daerah memiliki tanggungjawab guna menjamin hak-hak dari masyarakat/pemilik tanah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Untuk itu, seluruh aparatur yang memiliki fungsi dan kewenangan terkait urusan pertanahan baik secara administrasi maupun teknis lapangan hendaknya benar-benar memiliki informasi dan kemampuan yang memadai demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal ini disampaikan Bupati Natuna yang diwakili oleh Asisten Administrasi Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Ir. Basri pada acara Pelatihan Pertanahan Bagi Aparatur Kecamatan, Kelurahan dan Perangkat Desa Tahun Anggaran 2013, di Aula Hotel Caesar-Ranai, senin (16/09) siang.

Lebih lanjut dikatakan bahwa dalam penyelenggaraan tugas diatas, aparatur harus senantiasa membangun koordinasi yang baik serta dapat mensosialisasikan informasi terkait pertanahan kepada masyarakat, sehingga menumbuhkan kepedulian dan partisipasi sosial serta dapat mencegah terjadinya polemic yang dikhawatirkan timbul dalam pelaksanaan pembangunan menuju pencapaian target pembangunan daerah.

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia Kegiatan/ Kepala Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Syawal, SE melaporkan bahwa pelatihan kali ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana teknis pengukuran tanah yang efektif, efisien serta bagaimana aparatur dapat menyelesaikan masalah pertanahan yang timbul sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun peserta pelatihan kali ini berjumlah 88 orang dari Kasi Pemerintahan Kecamatan, Kasi Pemerintahan Kelurahan dan Kaur Desa).

Peliput: Staf Bagian Humas,Sri Lulus Yustami

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pembangunan E-Government Kabupaten Natuna

NATUNA – Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) sebagai alat bantu dalam menjalankan ...