Home / Natuna News / Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (SIMBADA)

Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (SIMBADA)

Dalam rangka menciptakan pelaksanan dan pengelolaan pemerintah yang baik sesuai dengan wacana pemerintah Pusat yang termaktub didalamnya pengelaan keuangan dan aset daerah yang akuntabel, transparan serta bebas dari kolusi, korupsi dan nepotisme, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 6 tahun 2006 tentang pengelolaan barang milik negara/daerah, dan peraturan Menteri dalam negeri Nomor 17 Tahun 2007 tentang pedoman teknis pengelolaan barang milik negara.

Untuk itu, segala aset yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah hendaknya dapat dikelola sebaik mungkin, memperhatikan azas fungsional, kepastian hukum, transparansi, efisien dan akuntabel serta selalu menjunjung tinggi regulasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini penting untuk dilakukan karena setiap aset diadakan berdasarkan skala prioritas untuk menunjang pelaksanaan tugas pemerintahan serta menunjang peningkatan kesejahteraan rakyat.

Demikian disampaikan Bupati Natuna, Drs. H. Raja Amirullah, Apt saat memberikan pengarahan pada acara Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (Simbada) Se-Kabupaten Natuna, Selasa (02/11) siang Di aula Pertemuan Hotel Natuna.

Lebih lanjut dikatakan bahwa untuk menerapkan Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah, dibutuhkan perangkant yang sesuai dengan standarisasi serta sumberdaya aparatur yang berkualitas sebagai pelaksana operator system dimaksud. System ini juga memiliki peranan untuk menekan peluang korupsi, kolusi dan nepotisme dalam pengelolaan aset daerah.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bagian Perlengkapan dan Aset, H. Darmansyah, SH dalam laporannya secara bertahap telah melaksanakan pembenahan pada bidang manajemen pengelolaan barang / asset yang sah dimiliki oleh pemerintah daerah sebagai bukti menjalankan peran dan fungsinya dalam penyelenggaraan pembangunan.

Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah untuk pengenalan, pedoman dan petunjuk teknis serta penerapan sistm informasi manajemen barang daerah yang akan dibangun disetiap Satuan Kerja Perangkat Daerah agar dapat menciptakan aparatur pemerintahan yang profesional pada penerapan system informasi yang menggunakan perangkat komputerisasi agar tercipa hasil kerja yang optimal.

Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang peserta yang berasal dari seluruh aparatur pengelola barang di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Natuna. (Ermiza/Alex)

Sumber : Bagian Umum Setda Kab. Natuna (03/11/2010)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

AJO – Indonesia Cabang Natuna dibentuk, Sekda Natuna Himbau Jurnalis Tingkatkan Profesionalisme

Asosiasi Jurnalis Online (AJO) Indonesia Cabang Kabupaten Natuna yang diketuai Roy Sianipar ...