Home / Natuna News / Pelatihan Unit Pengelola Kegiatan PNPM

Pelatihan Unit Pengelola Kegiatan PNPM

NATUNAKAB NEWS – Program Nasional Pembangunan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaaan merupakan salah satu sub program Pengembangan Kecamatan (PPK) yang dirasakan cukup berhasil dalam upaya penanggulangan kemiskinan dan pengangguran secara terpadu dan berkelanjutan. Sejauh ini telah banyak keberhasilan yang dicapai oleh program ini. Untuk itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna merasa perlu untuk mendukung sepenuhnya seluruh program yang dilaksanakan oleh PNPM Mandiri Pedesaan karena bentuk-bentuk program yang telah dicanangkan cukup efektif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di pedesaan.

Sambutan Sekretaris Daerah Kab. NatunaHal ini disampaikan Bupati Natuna dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Drs. H. Ilyas Sabli, M.Si dalam acara Pembukaan Pelatihan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Program Nasional Pembangunan Masyarakat (PNPM) Mandiri, kamis (6/08) siang di Hotel Natuna. Ditambahkan pula bahwa sejauh ini PNPM sudah membuktikan eksistensinya dalam memberikan kontribusi nyata melalui program penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan serta menekan dampak negative dari pengaruh buruk pengangguran.

Lebih lanjut diharapkan melalui pelaksanaan kegiatan kali ini para peserta dapat meningkatkan kualitas kerja terutama dalam hal tertib administrasi pengelolaan keuangan kegiatan serta dapat menganalisa dan menanggulangi dampak-dampak yang kurang baik bagi pelaksanaan pembangunan daerah, terutama di pedesaan.

Sambutan Kepala BPMD Kab. NatunaDalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Drs. Khaidir Char dalam laporannya menyampaikan bahwa program ini merupakan lanjutan dari Program Pembangunan Kecamatan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2003. sedangkan Program Pengembangan Pedesaan baru dilaksanakan sejak tahun 2007.

Sampai saat ini kegiatan yang telah terlaksana sebanyak 109, diantaranya kegiatan simpan pinjam yang telah dialokasikan kepada 223 kelompok usaha. Sedangkan untuk kegiatan pembangunan sarana umum pedesaan telah dilaksanakan 32 jenis pembangunan fisik, diantaranya pembangunan Taman Kanak-kanak, Jembatan, Posyandu, MDA, TPA, MTS dan PAUD.

Undangan Pembukaan Pelatihan UPK PNPMSumber dana untuk pelaksanaan program ini merupakan kerjasama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Melalui program ini, setiap kecamatan se-Kabupaten Natuna akan menerima dana sebesar 900 juta yang akan dialokasikan kepada pemerintahan desa. Adapun kecamatan yang akan menerima bantuan tersebut diantaranya Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Barat, Bunguran Utara, Bunguran Timur Laut, Bunguran Tengah, Pulau Tiga, Midai, Serasan, Subi dan Kecamatan Pulau Laut. (Ermiza / Alex)

Sumber : Bagian Umum Setda Kab. Natuna (07/08/2009)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Natuna Dapat Proritas Tiga SPBUN Tahun Ini

Natuna – Kepala Bagian Migas Pemkab Natuna, Faisal mengatakan tahun ini pemerintah ...