Home / Natuna News / Pembangunan E-Government Kabupaten Natuna

Pembangunan E-Government Kabupaten Natuna

NATUNA – Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) sebagai alat bantu dalam menjalankan sistem pemerintahan atau yang biasa disebut E-Government kini sedang di rancang dan akan segera di bangun oleh Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Program Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna 2017-2021.

Penerapan E-Government di era globalisasi dan modern saat ini dipandang mampu menjalankan system pemerintahan yang lebih efisien, efektif, cepat, akurat, aman, bersih dan transparan serta dapat meningkatkan mutu dalam pelayanan publik dengan sasaran Pembentukan Jaringan Informsi dan Transaksi pelayanan publik yang berkualitas dan terjangkau, pembentukan hubungan interaktif dengan dunia usaha guna meningkatkan perekonomian, serta pembentukan mekanisme komunikasi dan system manajemen yang lebih baik di Pemerintahan.

Hal itu dipaparkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna Raja Darmika dalam Rapat Penyusunan Konsep Strategi Implementasi E-Government Kabupaten Natuna di Ruang Rapat Lt. II Kantor Bupati Natuna Bukit Arai, Selasa (15/08).

Raja Darmika juga mengatakan dalam pertemuan tersebut bawha, dalam pembangunan E-Government nantinya sangat diperlukan dukungan dan semangat kebersamaan dari masing-masing pihak terutama bagi Tim Percepatan Implementasi E-Government Kabupaten Natuna.

”Kami mengadakan rapat ini Karena ada keinginan bagaimana membangun E-Government ini dapat dilaksanakan secara bersama-sama”, ungkap Raja Darmika.

Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Wan Siswandi, S.Sos., M.Si menyambut baik dan sangat mendunkung atas program pembangunan tersebut. Siswandi meminta agar Penyusunan rencana penbangunan terkait dengan Pembangunan E-Government Pemerintah Kabupaten Natuna harus sesegera mungkin mulai dilaksanakan terutama masalah biaya dan anggaran.

saya rasa ini perlu dilakukan mengingat hasilnya akan baik buat kita semu apalagi didukung dengan infrastruktur Fiber Optik yang dibangun oleh PT. Telkom. Selain itu pula Palapa Ring juga sudah mulai di kerjakan dan sudah sampai ke kita. Untuk itu, kita sambut baik kerja mereka dengan membangun e-Gov Kabupaten Natuna walaupun bertahap”, ungkap Siswandi.

Dalam plaksanaan e-Gov terdapat tiga program yang harus dibangun dan dikembangkan Pemerintah Kabupaten Natuna yaitu Smart Office (Jaringan e-Gov yang menghubungkan antar Instansi Pemerintah), Smart City (Jaringan e-Gov yang menghubungkan semua Kecamatan, Kelurahan dan Puskesmas yang ada di Pulau Bunguran), dan Smart Island (Jaringan e-Gov yang menghubungkan antar Pulau).

Pada tahun 2017 ini, pengembangan e-Gov fokus pada penyusunan rencana program pembangunan infrastruktur, persiapan SDM, regulasi dan dasar hukum untuk lembaga pengelola dan pengembang. Sedangkan untuk pembangunan infrastrukturnya akan mulai dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang yang dimulai dengan pembangunan infrastruktur e-Gov Smart Office dan Smart City, dan akan terus berkelanjutan sampai terlaksananya program Smart Office, Smart City dan Smart Island hingga tahun 2021 mendatang.

(Diskominfo/Yana/Mardi)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Penggiat KB Terima Penghargaan Dari Bupati

Natuna –  Bupati Natuna Hamid Rizal menyerahkan piagam penghargaan kepada penggiat Keluarga ...