Home / Natuna News / Pembukaan Diklat Pengembangan SDM Bidang Pariwisata Pembuatan Souvenir

Pembukaan Diklat Pengembangan SDM Bidang Pariwisata Pembuatan Souvenir

Kabupaten Natuna telah dikarunai Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah ruah, adapun salah satu sektor yang cukup menjanjikan untuk dikembangkan adalah sektor pariwisata yang masih alami serta dirasa dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui lapangan kerja bagi pelaku pariwisata.

Akan tetapi untuk mewujudkan hal diatas, dibutuhkan strategi konkrit dan melibatkan semua pihak guna menciptakan sumberdaya manusia yang nantinya mampu mengemas segala potensi wisata menjadi produk unggulan yang bernilai jual dan berdaya saing tinggi.

Hal ini disampaikan Bupati Natuna, Drs.H.Ilyas Sabli,M.Si dalam sambutannya ketika membuka secara resmi Acara Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Bidang Pariwisata melalui pelatihan Pembuatan Souvenir Tahun 2012 di Rumah Makan Sisi Basisir, senin (10/12) pagi.

Dikatakan pula bahwa selama ini pemerintah daerah telah berkonsentrasi sebagai fasilitator dan regulator sebagaimana tugas dan wewenang yang dimiliki, akan tetapi diharapkan pula kepada masyarakat dan pihak swasta untuk dapat berperan sebagai ujung tombak pengembangan produk dan pasar pariwisata.

Untuk itu, diharapkan melalui kegiatan ini, tercipta sumberdaya manusia sadar pariwisata dan pelaku pariwisata yang handal dengan kreatifitas tinggi dan memiliki inovasi dan kemandirian untuk mengembangkan keterampilan yang dimiliki dalam menciptakan produk souvenir yang memiliki ciri khas kedaerahan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Kegiatan Kepala Dinas Pariwisata, Drs. H. Syamsul Hilal juga melaporkan bahwa saat ini sektor pariwisata belum mampu menunjukkan kontribusi yang berarti bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan asli daerah.

Akan tetapi, bukan tidak mungkin dimasa akan datang sektor ini akan menjadi penyumbang PAD terbesar setelah potensi migas yang dimiliki. Untuk itu, Pemerintah telah merancang rencana strategis pengembangan potensi pariwisata dan budaya menjadi destinasi pariwisata yang cukup diminati.

Adapun peserta yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 20 orang yang merupakan perwakilan dari Desa Sepempang, Desa Limau Manis, Desa Cemaga dan Desa Pasir Besisir Kecamatan Serasan.

Peliput: Staf Bagian Humas/Endang

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Natuna Dapat Proritas Tiga SPBUN Tahun Ini

Natuna – Kepala Bagian Migas Pemkab Natuna, Faisal mengatakan tahun ini pemerintah ...