Home / Natuna News / Pembukaan Peningkatan Kualitas Sumber daya Masyarakat Kesejahteraan Sosial Masyarakat

Pembukaan Peningkatan Kualitas Sumber daya Masyarakat Kesejahteraan Sosial Masyarakat

Dalam satu dasawarsa pelaksanaan pembangunannya, pemerintah Kabupaten Natuna terus melakukan pembenahan diberbagai sektor dengan tujuan pembangunan yang dilaksanakan dapat menyentuh secara langsung terhadap upaya mewujudkan kesejahteraan yang merata bagi seluruh masyarakat Kabupaten Natuna sebagai salah satu bentuk komitmen bersama dari pemerintah daerah dan masyarakat.

Peningkatan Kualitas Sumber daya Masyarakat Kesejahteraan Sosial MasyarakatDemikian disampaikan Bupati Natuna, Drs. H. Ilyas Sabli, M.Si dalam sambutannya dalam acara Pembukaan Peningkatan Kualitas Sumber daya Masyarakat Kesejahteraan Sosial Masyarakat, Rabu (06/07) pagi di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Natuna.

Peningkatan Kualitas Sumber daya Masyarakat Kesejahteraan Sosial MasyarakatBerangkat dari pemikiran optimalisasi peranan masyarakat dalam pembangunan, pemerintah daerah secara bertahap mengurangi peranan dominan pemerintah daerah, dan secara stimulant membuka seluas – luasnya ruang bagi masyarakat untuk menjadi pelaku pembangunan.

Peningkatan Kualitas Sumber daya Masyarakat Kesejahteraan Sosial MasyarakatUntuk itu, saat ini pemerintah daerah lebih memposisikan diri sebagai fasilitator, regulator dan pengendali. Namun untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan sumberdaya manusia yang mampu bergerak sebagai motor penggerak dan mampu membangkitkan kembali semangat kebersamaan ditengah masyarakat, sehingga terjalin koordinasi dan pembinaan serta peningkatan mutu pembangunan dan persaingan sehat melalui optimalisasi pemberdayaan potensi yang ada.

Peningkatan Kualitas Sumber daya Masyarakat Kesejahteraan Sosial MasyarakatLebih lanjut beliau sampaikan, guna mempercepat proses tersebut tenaga pendamping yang dibentuk atau Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TSTK) harus mampu menjembatani berbagai program pemerintah, serta dapat menganalisa kebutuhan dasar dan program pembangunan yang sesuai di daerah masing – masing, oleh karena itu TSTK harus merupakan warga yang berdomisili didaerah yang bersangkutan.

Diharapkan keberadaan TSTK dapat mendukung pelaksanaan pendekatan anggara berbasis kinerja (performance based Budgeting) yang membutuhkan pemetaan target sasaran.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kabupaten Natuna, Drs. H. Agus Supardi,M.Si dalam laporannya menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan serta mengembangkan kopetensi tenaga kerja social kecamatan sehingga mampu melaksanakan pendampingan social dan mengatasi masalah social di kecamatan, sehingga kedepan diharapkan dapat dapat mendukung secara lebih optimal program pemerintah dalam rangka pengentasan kemiskinan, penekanan angka pengangguran serta mampu memberikan kontribusi terhadap penyelesaian permasalahan social di tingkat kecamatan..

Peserta kegiatan berjumlah 31 orang yang merupakan perwakilan dari 12 kecamatan diwilayah kerja Kabupaten Natuna. (Ermiza/Alex)

Sumber : Bagian Umum Setda Kab. Natuna (07/07/2011)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Natuna Keluar Sebagai Transparansi Pengelolaan Keuangan Terbaik

NATUNA – Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta Prof. Panut Mulyono, Kamis, ...