Home / Natuna News / PEMKAB NATUNA GELAR MUSRENBANG TINGKAT KABUPATEN

PEMKAB NATUNA GELAR MUSRENBANG TINGKAT KABUPATEN

Laju Pertumbuhan Ekonomi Meningkat
Ranai – Bupati Natuna, Drs.H. Ilyas Sabli, MSi, Kamis (5/3) pagi bertempat di Gedung Serba Guna Komplek Mesjid Agung Ranai, membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Natuna Tahun 2015.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) Kabupaten Natuna tahun 2015 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2016.
Penyusunan RKPD Tahun 2016 merupakan instrumen perencanaan Pemerintah Daerah dalam rangka penyusunan program kerja dalam satu tahun anggaran dengan mengacu kepada RPJMD Kabupaten Natuna Tahun 2011-2016.
RKPD tersebut diarahkan untuk menumbuh kembangkan ekonomi kerakyatan dan industri berbasis sumber daya alam serta pelayanan kesehatan dan pendidikan. Selain itu pembangunan juga diprioritaskan pada pengembangan sumber daya manusia khususnya kualitas tenaga pendidik, tenaga kerja dan aparatur pemerintah guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat.Dalam memberikan pelayanan publik yang baik, maka pembangunan tahun ini juga diarahkan pada penerapan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel.Dengan dukungan infrastruktur, sumber daya manusia yang berkualitas dan tata kelola pemerintahan yang baik, diharapkan dapat merangsang pertumbuhan sentra-sentra ekonomi rakyat yang mendorong perekonomian wilayah.
Dipaparkan ada tujuh indikator untuk mengukur kemajuan pembangunan di suatu daerah, yaitu pengentasan kemiskinan, penurunan pengangguran, peningkatan pelayanan, pendidikan, peningkatan pelayanan kesehatan, dan infratsruktur dasar, implementasi good governance dan peningkatan pelayan publik.
Laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Natuna dilihat dari atas dasar harga konstan mengalami percepatan pertumbuhan dari 6,60 persen tahun 2013 menjadi 6,90 persen pada tahun 2014.
Keberhasilan pembangunan disuatu daerah selain membutuhkan anggaran yang cukup besar, juga sangat diperlukan sumber daya manusia yang handal sebagai syarat utama, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Natuna pada tahun 2014 meningkat dibandingkan pada tahun sebelumnya yaitu sebesar 72,30 persen sedangkan tahun 2013 sebesar 72,25 persen. “Untuk itu pada tahun mendatang kita berupaya lebih meningkatkan peringkat IPM kita menjadi 72,50 pada tahun 2016.” Jelas Bupati.
Dalam rangka mewujudkan cita-cita pembangunan Kabupaten Natuna pada tahun 2016, Bupati Natuna mengemukakan bahwa telah mengeluarkan Surat Keputusan Bupati Natuna nomor 77 Tahun 2015 tentang Perhitungan Rencana Pagu Indikatif Wilayah Kerja Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingakt Kecamatan, dimana secara garis besarnya memuat pembagian pagu indikatif berdasarkan wilayah kerja kecamatan.
Surat keputusan tersebut telah dikomunikasikan dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Natuna khususnya komisi tiga yang membidangi perencanaan pembangunan daerah.
Dengan adanya pembagian pagi indikatif per kecamatan pada tahun 2016, maka diharapkan usulan program dan kegiatan yang disampaikan oleh kecamatan adalah yang bersifat pemberdayaan masyarakat, bukan hanya pembangunan fisik.
Pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan merupakan implementasi dari kebijakan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Pelaporan, Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

(Ditulis oleh : Meriadi – Bidang Kominfo, Dishub Kominfo Kab. Natuna)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pembangunan E-Government Kabupaten Natuna

NATUNA – Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) sebagai alat bantu dalam menjalankan ...