Home / Natuna News / Pemkab Natuna menerima Penghargaan atas Kontribusi Program ‘Sastrawan Berkarya’ Kemendikbud

Pemkab Natuna menerima Penghargaan atas Kontribusi Program ‘Sastrawan Berkarya’ Kemendikbud

Wakil Bupati Natuna, Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti,MA mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna sebagai penerima Piagam Penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra (BBS) tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke – 89, Sabtu, (28/10) pagi di Kantor Kemendikbud RI, Jakarta,

Penghargaan yang disampaikan tersebut dianugerahi atas kontribusi Pemerintah Kabupaten Natuna dalam Program Sastrawan Berkarya di Daerah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T) melalui hasil karya tulisan  Buku “Ikhtiar Menjaga Perbatasan”, Karya Jamal Rahman Iroth yang merupakan salah satu penulis tugas residensial Sastrawan Berkarya di Daerah 3T, dengan latar belakang tentang sosial budaya Natuna.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Efendi yang membuka secara resmi kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan BBS  yang selalu diselenggarakan seiring peringatan Sumpah Pemuda ini mengandung tujuan kuat, yaitu menjadi momentum bagi memupuk dan menggugah kembali jati diri kebhinnekaan dan patriotisme bagi generasi penerus bangsa.

Dalam kegiatan ini pula dicanangkan Gerakan Literasi Nasional (GLN)  yang dirasa menjadi penting dan kontekstual untuk diterapkan mengingat derasnya arus informasi dewasan ini. Melalui pencanangan GLN besar harapan beliau agar kedepan masyarakat dapat membekali diri dengan kecerdasan berliterasi. Bukan hanya bahasa-tulis, melainkan sebagai upaya membentuk penguatan karakter dan kepribadian Indonesia.

Adapun rangkaian kegiatan yang diselenggarakan pada momentum ini diantaranya Debat Antar Mahasiswa, Pemiliihan Duta Bahasa Nasional, Lomba Wajah Sekolah dan Kuis Pelita serta Peluncuran empat produk baru, yakni Buku Sastrawan Berkarya, Peta Bahasa, Laboratorium Kebhinekaan dan BIPA.

(Humas_P/Yent)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Penyerahan Bantuan Kapal Nelayan Untuk Nelayan Kabupaten Natuna

Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan telah menggulirkan bantuan ...