Home / Natuna News / Pencanangan Kampung KB dan Rumah Data Kependudukan di Dusun II Tanjung Sebauk Desa Sedanau Timur Kecamatan Bunguran Batubi

Pencanangan Kampung KB dan Rumah Data Kependudukan di Dusun II Tanjung Sebauk Desa Sedanau Timur Kecamatan Bunguran Batubi

Wakil Bupati Natuna, Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti,MA kembali meresmikan Pencanangan Kampung KB sekaligus meresmikan Rumah Data Kependudukan di Dusun II Tanjung Sebauk Desa Sedanau Timur Kecamatan Bunguran Batubi, Kamis (14/12) pagi. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Perwakilan Organisasi Kabupaten Natuna Sehat, jajaran pemerintah kecamatan, Desa dan masyarakat Bunguran Batubi.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Natuna menyampaikan apresiasi karena Kecamatan Bunguran Batubi beberapa waktu yang lalu berhasil meraih Juara 2 Penerapan PHBS, Juara 1 Tingkat Provinsi Kepri Bina Keluarga Lansia. Hal tersebut harus terus ditingkatkan bagi mewujudkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan keluarga dan lingkungan sehingga akhirnya dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain.

Lebih lanjut beliau tambahkan bahwa pencanangan Kampung KB diseluruh wilayah dimaksud untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk dengan pertimbangan kondisi pemenuhan kebutuhan terhadap pelayanan kesehatan, pemenuhan kebutuhan hidup, pendidikan dan berbagai aspek lainnya akan dapat dicapai secara lebih baik dan terjangkau.

Oleh karenanya dibutuhkan keseriusan dan komitmen semua pihak untuk dapat kembali menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keluarga kecil bahagia dan sejahtera sebagai salah satu implementasi program Keluarga Berencana, diantaranya melalui sosialisasi, pendekatan yang persuasif.

Hal tersebut juga didukung oleh Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Abdul Gani dimana semenjak dicanangkannya Program Kampung KB oleh Presiden RI beberapa waktu yang lalu, telahpun mengamanatkan seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia untuk menetapkan satu desa disetiap Kecamatan. Sampai saat ini sudah diresmikan 5 desa pada lima kecamatan dan masih tinggal 10 kecamatan lagi yang belum dapat diresmikan mengingat jarak dan rentang kendali. Oleh karenanya untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Daerah akan mengamanatkan kepada seluruh camat untuk pewakili Kepala Daerah bagi meresmikan pencanangan program ini sampai akhir tahun 2017.

Beliau juga menjelaskan bahwa Program Kampung KB tidak hanya identik pada peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pemasangan alat kontrasepsi bagi pengendalian pertumbuhan penduduk semata, melainkan berbagai program yang berjalan secara simultan, diantaranya pengembangan infrastruktur dasar, peningkatan kualitas pendidikan, pelayanan kesehatan dan lain sebagainya dengan tujuan peningkatan mutu sumberdaya manusia.

Ditambahkan pula bahwa pada momentum ini juga akan diresmikan Rumah Data Kependudukan yang nantinya akan menyajikan data kependudukan secara akurat terhadap pertumbuhan penduduk khususnya di Desa Sedanau Timur dan Kecamatan Bunguran Batubi pada umumnya. Hal ini menjadi penting bagi informasi dukungan terhadap rencana pembangunan kedepan.

Selanjutnya Camat Bunguran Batubi, Hassanuddin,ST juga menyampaikan apresiasi terhadap pencanangan program ini sebagai bentuk komitmen dukungan pembangunan. Kedepan diharapkan pula dukungan komitmen dari semua pihak, baik unsur pemerintah desa, Unit Pelaksana Teknis OPD terkait dan seluruh unsur bagi mewujudkan kualitas sumberdaya manusia yang lebih baik sebagai penggerak pembangunan.

Sebagai laporan, beliau juga menambahkan bahwa beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Kecamatan Bunguran Batubi telahpun menyampaikan proposal kepada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepri untuk rencana pembangunan jembatan penghubung di Daerah Sebangkar bagi mendukung aktifitas perekonomian masyarakat. Informasi pengajuan tersebut sudah ditindaklanjuti oleh pihak yang bersangkutan melalui survei dan rencana akan direalisasikan pada rencana anggaran tahun depan.

Selain agenda tersebut, Wakil Bupati Natuna juga berkesempatan meninjau proses Pembangunan Kantor Camat Bunguran Batubi yang hampir rampung pengerjaannya dan proses pengerjaan irigasi sebagai salah satu fasilitas pendukung sektor pertanian masyarakat setempat.

(Humas_P/Endang, Dilla)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Bupati Himbau Umat Muslim Tingkatkan Peran dalam Pembangunan

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal menghadiri Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW ...