Home / Natuna News / Pencanangan Kampung Keluarga Berencana Di Desa Sungai Ulu Tahun 2017

Pencanangan Kampung Keluarga Berencana Di Desa Sungai Ulu Tahun 2017

Kampung Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu inovasi strategis dalam pengendalian kependudukan yang terintegrasi dan diselenggarakan oleh dan untuk masyarakat ditingkat Dusun/Desa sehingga dapat dikatakan bahwa kampung KB adalah miniatur program KB secara terpadu dan komprehensif ditingkat Desa dan kelurahan.

Konsep yang diterapkan dalam program ini adalah memadukan KB dengan program pembangunan lain seperti Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Sosial Budaya dan lingkungan infrastruktur lainnya, oleh karena itu partisipasi dan sinergi program dari OPD terkait sangat penting agar pelayanan program KB yang paripurna dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Natuna, Dra.Hj. Ngesti Yuni Suprapti,MA saat membuka acara Pencanangan Kampung Keluarga Berencana Di Desa Sungai Ulu Tahun 2017, di Lapangan Bola Kaki Mahligai Desa Sungai Ulu, kamis (19/10) pagi, dihadiri pula oleh beberapa Anggota DPRD, pimpinan OPD terkait, dan segenap jajaran Pemerintahan Kecamatan dan desa se-Kecamatan Bunguran Timur. Acara tersebut dihadiri oleh, OPD, FKPD, Camat (diwakili) Lurah, Kades, Forum Kabupaten Sehat.

Pada kesempatan tersebut Beliau menyampaikan bahwa pemetapan Desa Sungai Ulu Kecamatan Bunguran Timur sebagai lokasi Pencanangan Program Kampung KB disebabkan desa ini memiliki jumlah pasangan subur cukup tinggi serta belum memerapkan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), hal ini dimaksud agar dapat mengejar ketertinggalan untuk kemudian bersama-sama untuk mencapai kesejahtraan bagi warganya.

Untuk itu harapan beliau :
– Komitmen semua pihak pihak dalam memberikan dukungan suksesnya kegiatan kampong KB agar manfaatnya dapat dirasakan masyarakat.
– Seluruh unsur terkait dapat membangun koordinasi dan bekerjasama agar pencapaian tujuan dan sasaran dalam agenda prioritas pembangunan dapat terwujud.
– Setelah pembentukan Kampung KB ini selanjutnya diharapkan pada tahun 2018 dapat terealisasi pada seluruh Kecamatan di Wilayah Kabupaten Natuna.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Drs. .Abdul Gani M Si. menyampaikan bahwa sesuai arahan Presiden Republik Indonesia bahwa Kampung KB ini targetnya pada tahun 2016 minimal Satu Kabupaten dicanangkan Satu Kampung KB.

Kampung KB diharapkan menjadi wadah seluruh sektor untuk ikut berpartisipasi didalam meningkatkan Kualitas Hidup Kesejahtraan, Kesehatan, Pendidikan dimana pencanganan KB tersebut

Pada kesempatan ini juga, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, Suhardi SE, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Dinas kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana telah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Kecamatan Bunguran Timur khususnya di Desa Sungai Ulu ini.

Untuk itu diharapkan kepada seluruh warga Dusun 02 (mahligai) Desa Sungai Ulu, dengan adanya program ini, agar segenap masyarakat dapat memperoleh Manfaat, terutama dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan maupun manfaat lainnya yang menjadi bagian dari penerapan program ini.

(Humas_P/Sri, Diana)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Natuna Dapat Proritas Tiga SPBUN Tahun Ini

Natuna – Kepala Bagian Migas Pemkab Natuna, Faisal mengatakan tahun ini pemerintah ...