Home / Natuna News / Penegerian MAN Sedanau
MAN Sedanau

Penegerian MAN Sedanau

MAN Sedanau

NATUNAKAB NEWS – Pelaksanaan pembangunan daerah bukan merupakan suatu hal yang mudah. Perlu didukung seluruh potensi yang ada baik sumber daya alam maupun sumberdaya manusia. Untuk menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas dibutuhkan institusi pendidikan yang berkualitas pula. Untuk itu, pemerintah Kabupaten Natuna menganggap sector pendidikan merupakan suatu prioritas utama dalam pembangunan yang tertuang dalam Misi Pembangunan Kabupaten Natuna pada Pilar kedua. Memang diakui bahwa sector pendidikan merupakan salah satu sector dengan begitu banyak permasalahan. Mulai dari ketersediaan infrastruktur, tenaga pengajar (guru), konsep pengajaran, sampai kepada permasalahan peserta didik. Problema ini tidak dapat diselesaikan jika hanya mengandalkan kebijakan pemerintah, melainkan seluruh komponen seharusnya mengambil bagian dalam menyelesaikan permasalahan ini.

Hal ini disampaikan Bupati Natuna, Drs. H. Daeng Rusnadi, M.Si pada acara Penegerian Madrasah Aliyah Ibnu Khaldum Sedanau menjadi Madrasah Aliyah Negeri Natuna, Rabu (10/06) pagi di Dusun Balau Kelurahan Sedanau Kecamatan Bunguran Barat. Lebih lanjut ditambahkan bahwa dengan dinegerikan madrasah aliyah ini diharap institusi ini dapat menjalankan fungsinya dalam rangka mencerdaskan Sumberdaya Manusia Natuna yang berkualitas guna mendukung pencapaian visi daerah menuju Natuna Mas 2020.

Lebih lanjut ditambahkan bahwa walaupun Madrasah merupakan institusi pendidikan dibawah naungan Departemen Agama Republik Indonesia, namun Pemerintah Kabupaten Natuna akan berupaya untuk memberikan perhatian yang sama seperti sekolah-sekolah negeri lainnya. Untuk itu diharapkan kepada tenaga pengajar di MA Negeri Natuna agar dapat menjalankan fungsinya secara professional, sistematis dan terarah. Dan tak kalah pentingnya mengingat Madrasah jarang digandrungi oleh peserta didik dewasa, kepada pihak sekolah diharap dapat mengemas kembali program pengajaran agar dapat menjadikan sekolah ini sebagai salah satu institusi pendidikan yang digemari (favorite). Dengan menggiatkan kegiatan –kegiatan yang menarik namun menunjang proses pendidikan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Kepulauan Riau, Drs. H. Razali Jaya mengatakan bahwa dengan dinegerikannya Madrasah ini, secara otomatis madrasah ini mendapat kode mata anggaran untuk pengelolaan operasionalnya. Hal ini merupakan suatu langkah maju untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Natuna setelah melalui perjuangan panjang dari tahun 1997 (tahun pertama pengusulan penegerian). Drasah Aliyah (5 negeri dan 22 swasta/2 di Natuna).

Untuk saat ini, institusi pendidikan Madrasah di Kabupaten Natuna cukup memadai, namun antusias masyarakat muslim terasa begitu kurang. Untuk itu, kepada pihak sekolah dipesankan agar selalu meningkatkan promosi melalui sosialisasi keunggulan mutu institusi bagi penciptaan generasi muda yang berkualitas dan beraklak mulia.

Kakanwil juga mengharapkan bantuan dari pihak Pemerintah Daerah karena mengingat kurangnya tenaga pengajar bidang studi umum dan infrastruktur serta sarana prasarana penunjang pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Natuna saat ini yang masih belum memadai. (Ermiza/ Alex)

Sumber : Bagian Umum Setda Kab. Natuna (10/06/2009)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Penggiat KB Terima Penghargaan Dari Bupati

Natuna –  Bupati Natuna Hamid Rizal menyerahkan piagam penghargaan kepada penggiat Keluarga ...