Home / Natuna News / Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan 2013

Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan 2013

Untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di institusi pendidikan, keberadaan perpustakaan sebagai pusat informasi sangatlah dibutuhkan. Akan tetapi untuk mewujudkan minat para pelajar sehingga menjadikan perpustakaan sebagai pusat informasi, dibutuhkan berbagai strategi, sarana pendukung dan pengelolaan serta pelayanan yang professional pula.

Untuk itu tenaga pustakawan hendaknya memiliki keterampilan dan kemampuan guna mengemas perpustakaan secara baik dan menarik, sehingga minat baca dari para pelajar dapat tumbuh dan menjadi sebuah budaya dilingkungan pelajar.

Hal ini di sampaikan oleh Asisten Administrasi Ir Basri dalam sambutannya pada acara Pembukaan Bimtek Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan Kabupaten Natuna Tahun 2013 Selasa (21/05) siang di Rumah Makan Sisir Basisir, Ranai.

Selanjutnya dikatakan pula bahwa dewasa ini peran perpustakaan semakin minim, hal ini disebabkan karena akses informasi internet telah dapat menyajikan berbagai informasi yang dapat diakses secara mudah. Namun demikian terdapat berbagai dampak negative yang timbul karena internet tidak memiliki saringan informasi sesuai kebutuhan.

Untuk itu, hendaknya perpusatakaan yang berada di lembaga pendidikan hendaknya mampu mengalihkan minat para pelajar sehingga dapat mendukung nilai kurikulum pendidikan yang sedang diterapkan.

Pada kesempatan yang sama ketua pelaksana penyelenggara Drs. H. Abdul Rahman.,M.Pd menyampaikan bahwa perpustakaan sebagai wahana belajar sejak dahulu telah mampu berperan dalam upaya mengembangkan wawasan masyarakat menjadi sumberdaya manusia yang kreatif, berwawasan luas serta mampu mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional

Adapun perserta yang mengikuti acara tersebut berjumlah 50 orang yang berasal dari tenaga pengajar SD, SLTP dan SMU yang bertugass di 4 kecamatan (Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Tengah, Bunguran Selatan, dan Bunguran Timur Laut..

Peliput : Sri Lulus Yustami / Jasipah 21/05/2013

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Natuna Keluar Sebagai Transparansi Pengelolaan Keuangan Terbaik

NATUNA – Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta Prof. Panut Mulyono, Kamis, ...