Home / Natuna News / Pengembangan Minat dan Budaya Baca

Pengembangan Minat dan Budaya Baca

Keberadaan perpustakaan memiliki nilai strategis untuk memperkaya khazanah diri dan kualitas sumberdaya manusia sesuai fungsinya sebagaimana tertuang dalam Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang perpustakaan sebagai pusat informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian dan sosial budaya.

Untuk itu, Pemerintah Daerah memandang perlu meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan sebagai salah satu pusat informasi yang difungsikan secara luas guna menarik minat baca bagi seluruh kalangan masyarakat.

Demikian disampaikan Bupati Natuna melalui sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Drs. H. Iswar Aspawi pada Acara Pembukaan Kegiatan Pengembangan Minat dan Budaya Baca, di Rumah Makan Sisir Basisir Jemengan,selasa (02/04 ) pagi.

Dikatakan pula, kemajuan yang terjadi saat ini sedikit banyak telah membuat generasi muda menjadi lalai terhadap berbagai upaya membekali diri dengan wawasan dan ilmu pengetahuan, karena telah terjadi penurunan minat baca terutama dari siswa – siswa sekolah.

oleh karena itu diharapkan kegiatan ini benar – benar mampu memberikan nilai tambah dalam upaya meningkatkan minat dan budaya baca dari generasi muda serta menumbuhkan kembali motivasi belajar yang pada gilirannya dapat bermanfaat bagi peningkatan nilai prestasi sekolah serta mampu mendukung terciptanya sumberdaya manusia yang berwawasan luas.

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab. Natuna, Boy Wijanarko Variato SE, melaporkan kegiatan pengembangan minat dan budaya baca ini dikemas menjadi beberapa cabang perlombaan prestasi yang diikuti oleh siswa siswi tingkat SD, SLTP dan SLTA se –Kabupaten Natuna.

Adapun cabang yang diperlombakan diantaranya Lomba Bercerita (tingkat SD), Lomba Mendongeng (tingkat SLTP), Lomba melukis (tingkat SD), Lomba Risensi Buku (tingkat SLTA). Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari (2.sd 4 April 2013).

Peliput: Tim Bagian Humas/Endang, Sri Lulus Yustami

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pembangunan E-Government Kabupaten Natuna

NATUNA – Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) sebagai alat bantu dalam menjalankan ...