Home / Natuna News / Peningkatan Akses dan Kualitas Pelayanan Kesehatan Untuk Daerah Terpencil

Peningkatan Akses dan Kualitas Pelayanan Kesehatan Untuk Daerah Terpencil

NATUNAKAB NEWS – Kewajiban Kepala Daerah adalah melaksanakan pemerintahan, melaksanakan pembangunan dan penciptaan pelayanan prima dalam rangka untuk mensejahterakan rakyatnya. Dalam hal ini Pegawai Negeri Sipil Mempunyai Tugas pokok membantu melaksanakan Tugas Pokok Kepala Daerah tersebut agar dapat membawa Indonesia Sehat 2010, dan pelaksanaan pembangunan yang berdasarkan pilar-pilar pembangunan daerah menuju Natuna yang berkemakmuran, berkeadilan dan berkesajahteraan 2020.

Sambutan Bupati NatunaHal ini disampaikan Bupati Natuna, Drs. Daeng Rusnadi, M.Si saat memberikan pengarahan sekaligus membuka secara resmi Rapat Kerja Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna Tahun 2009 Sabtu (15/8) pagi di Hotel Natuna. Beliau menambahkan dalam rapat kerja ini hendaknya dapat dijadikan sebagai moment evalusi dari pelaksanaan pelayanan kesehatan yang telah dilakukan dalam tahun 2008 karena selama ini banyak laporan yang diterima dari masyarakat tentang sistem pelayanan yang kurang optimal.

Lebih lanjut diterangkan bahwa jika pelayanan seorang dokter didasari oleh angka 1 : 30.000, maka dapat dikatakan bahwa jmlah tenaga dokter yang ada di Kabupaten Natuna mengalami kelebihan. Namun perlu diingat bahwa Natuna sebagai Daerah Kepulauan dimana masyarakatnya tidak terpusat pada suatu daerah melainkan terpisah-pisah sehingga jumlah tenaga dokter tidak dapat mengikuti sistem ratio tersebut.

Sambutan Kepala Dinas Kesehatan Kab. NatunaDalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna dalam laporannya menyatakan dengan kondisi geografis Kabupaten Natuna yang 97 % laut membuat akses masyarakat yang berada didaerah terpencil dan pesisir sangat sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai sebagaimana pelayanan kesehatan pada tingkat kabupaten, untuk itu Dinas Kesehatan telah menjalankan beberapa program strategis dalam menyikapi kebutuhan pelayanan kesehatan serta peningkatan mutu pelayanan dengan menggunakan manajemen kesehatan berbasis kepulauan.

Pada tahun 2008 banyak peningkatan dibidang pemeliharaan kesehatan bagi masyarakat yang telah dicapai. Hal ini dapat dilihat dari Angka Kematian Ibu (AKI) 136/100.000 jiwa, Angka kematian Bayi 15/1.000 jiwa Angka Kelahiran Hidup, angka Gizi Kurang turun menjadi1,65 %. Dengan Pengembangan wilayah dan Desa (pemekaran wilayah pemerintahan) juga berdampak pada peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan kesehatan.

UndanganNamun dalam pengembangan pelayanan Kesehatan ini juga terdapat kendala, diantaranya masih kurangnya tenaga dokter spesialis, tenaga analisis dan tenaga lainnya serta pemakaian biaya tinggi dari setiap pelaksaan program yang direncanakan.

Rapat kerja ini merupakan bentuk koordinasi dalam mencari solusi serta konsolidasi, karena masih banyaknya perbedaan dalam pengambilan kebijakan antara Dinas Kesehatan Kabupaten dengan Dinas Kesehatan Provinsi yang belum berlandaskan peningkatan pelayanan daerah terpencil dan pesisir.

Rapat Kerja kali ini mengambil tema “Peningkatan Akses dan Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan untuk Mewujudkan Natuna MAS 2020. (Ermiza)

Sumber : Bagian Umum Setda Kab. Natuna (15/08/2009)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

KUNJUNGAN KERJA MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN

Susi : “Natuna Berhenti Memunggungi Laut, Natuna Berandanya Adalah Laut” Natuna – ...