Home / Natuna News / Penyerahan Dana Bantuan Operasional Kepada Camat, Lurah, Kepala Desa dan BPD

Penyerahan Dana Bantuan Operasional Kepada Camat, Lurah, Kepala Desa dan BPD

Dalam upaya mensukseskan tugas-tugas pemerintah dan peningkatan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat, pemerintah Provinsi memberikan bantuan kepada Kepala desa/kelurahan yang bersifat motivasi kepada para camat yang merupakan unit terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta menjadi tonggak utama untuk keberhasilan semua program yang bertujuan agar dapat mempercepat terujudnya kesejahteraan masyarakat dari pelaksanaan Otonomi Daerah serta agar dapat melaksanakan tugas pembinaan kepada aparat pemerintah desa dan kelurahan dalam rangka pengembangan/percepatan atau akselerasi pembangunan desa dan kelurahan yang bertujuan mendekatkan pelayanan pemerintah kepadan masyarakat agar lebih cepat, efektif, efisien dan mudah dalam melakukan aktivitas penyelenggaraan daerah serta benar-benar dimanfaatkan bagi penunjang kelancaran penyelengaraan pemerintah ditingkat Desa dan Kelurahan masing-masing.

Bantuan Operasional dari Provinsi Kepulauan RiauHal ini disampaikan Gubenur Kepulauan Riau melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Drs. Suhajar Diantoro M.Si saat memberikan sambutan pada acara Penyerahan Dana Oprasional Kepada Camat, Lurah, Kepala Desa dan Badan Perwakilan Desa (BPD) dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (18/03) Pagi di Aula Hotel Natuna. Beliau menambahkan dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah PILKADA Gubenur, sebagai pelaksana/aparat Pemerintah agar terus menerus menjaga keamanan wilayah, ketentraman dan ketertiban yang kondusif, meningkatkan pembinaan kepada masyarakat dan senantiasa memupuk rasa kebersamaan, menghidupkan kembali budaya gotong-royong warga dan terus menerus memperkuat rasa persaudaraan dan kesatuan dalam masyarakat sehingga tidak bisa diprovokasi oleh pihak lain yang bertujuan untuk mencari keuntungan pribadi yang akan kita hadapi kegiatan strategis yang menyangkut kehidupan berdemokrasi dan kelangsungan pembangunan.

Bantuan Operasional dari Provinsi Kepulauan RiauDalam Kesempatan yang sama, Plt Bupati Natuna, Drs.H. Raja Amirullah, Apt menyampaikan untuk mewujudkan percepatan pemerataan pembangunan di Kabupaten Natuna perlu pemberdayaan secara optimal segala potensi yang ada dimulai dari pembenahan infrastruktur dasar, peningkatan pelayanan yang prima untuk masyarakat berupa peningkatan perekonomian masyarakat yang telah diprogramkan dan dilaksanakan secara sinergi dan berkesinambungan melalui berbagai bidang sehingga dapat dinikmati secara merata oleh masyarakat dan yang tidak kalah pentingnya meningkatkan pemberdayaan potensi ditingkat pedesaan dan kecamatan sehingga pemerataan pembagunan dapat terealisasi sebagaimana yang diharapkan.

Bantuan Operasional dari Provinsi Kepulauan RiauKepala Biro Administrasi Pemerintah Umum Provinsi Kepulauan Riau yang diwakili Sarima S.Sos menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan motivasi kinerja aparatur pemerintahan desa/kelurahan, menunjang kelancaran kegiatan penyelengaraan pemerintah serta meningkatkan kesejahtraan Badan Pemberdayaan Desa, LPM dan kelurahan serta meningkatkan pembangunan dan partisipasi masyarakat Desa dan Kelurahan.

Adapun dasar dari kegiatan ini paraturan Keputusan Gubenur Kepulauan Riau Nomor 1 Tahun 2010 tentang anggaran Pendapatan Belanja Daerah Provinsi Kepri Tahun 2010. Keputusan Gubenur Kepulauan Riau Nomor 68 Tahun 2010 tentang pendapatan Dana Bantuan Keuangan Pemerintah Kecamatan, Desa/Kelurahan se Provinsi Kepri Tahun Anggaran 2010. Besar anggaran Kepri TA. 2010 Rp 5.933.500.000,- untuk 59 Kecamatan dan 351 Desa/Kelurahan dan untuk Kabupaten Natuna berjumlah Rp 1.513.000.000,-, yang terdiri dari 12 camat, 67 Kepala Desa, 6 Kelurahan, 67 Ketua BPD, 67 Ketua LPM Desa dan 6 LPM Kelurahan. Yang masing-masing terdiri dari tunjangan aparatur Desa/Kelurahan Rp 6.000.000,-, Dana Oprasional Pemerintahan Desa/Kelurahan Rp 5.000.000,-, Dana Oprasional BPD,LPMD DAN LPMK Rp 6.000.000,- dan untuk masing-masing Camat Rp 13.500.000,-. (Harsono/Ermiza)

Sumber : Bagian Umum Setda Kab. Natuna (20/03/2010)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Sosialisasi Indikator Sosial Dan Makro Ekonomi Serta Statistik Sektoral Bagi Pemerintah Kabupaten Natuna.

Dalam Sinkronisasi Bedah Indikator Makro Sosial, Ekonomi Kabupaten Natuna tentunya diketahui bersama ...