Home / Natuna News / Penyerahan Mobil KB dan Kendaraan Angkut Sampah

Penyerahan Mobil KB dan Kendaraan Angkut Sampah

Pembangunan infrastuktur menjalankan peran dan fungsi pelayanan bagi masyarakat, pembenahan infrastruktur penunjang adalah salah satu factor penting, namun langkah ini juga harus diimbangi dengan upaya menciptakan aparatur yang professional sehingga mutu pelayanan dapat ditingkatkan. hal ini penting untuk dilaksanakan mengingat tuntutan dibidang pelayanan dewasa ini begitu beragam dan sulit mengingat kondisi geografis wilayah Kabupaten Natuna yang berbentuk kepulauan. Untuk itu dibutuhkan keseriusan dan komitmen dari semua pihak dalam menjawab segala tantangan dalam pelaksanaan pembangunan menuju Natuna Makmur, Adil dan Sejahtera 2020.

Kendaraan KB & Kendaraan Pengangkut SampahProgram Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu program yang memiliki peran penting dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas, disamping secara makro berfungsi untuk mengendalikan kelahiran dan secara mikro bertujuan untuk membantu keluarga untuk mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera melalui program pemberdayaan keluarga agar dapat mandiri baik secara ekonomi maupun non ekonomi.

Sambutan Plt. Bupati NatunaHal ini disampaikan Plt. Bupati Natuna, Drs. H. Raja Amirullah, Apt saat memberikan sambutan pada acara Penyerahan Mobil Unit Pelayanan Keluarga Berencana dan Kenderaan Roda Dua Untuk Pengangkut Sampah, Sabtu (30/01) pagi di halaman Kantor Bupati Natuna.

Dalam rangka percepatan pencapaian dan mendukung pemantapan revitalisai program KB sebagai prioritas pembangunan nasional telah dilaksanakan berbagai upaya diantaranya peningkatan akses dan pelayaan berkualitas. Program tersebut diarahkan pada daerah yang mempunyai persentase peserta KB aktif terhadap pasangan usia subur relative masih rendah, rasio anal dibawah usia lima tahun terhadap wanita usia subur masih tinggi, masih tingginya keluarga dalam kategori miskin, jumlah keluarga relative besar, jumlah dan kepadatan penduduk masih tinggi

Penyerahan KendaraanNamun pembenahan keluarga juga harus diikuti peningkatan kebersihan lingkungan terutama dalam mengatasi pemasalahan sampah. Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan fungsi lingkungan hidup tersebut adalah dengan meningkatkan sarana dan prasana. Untuk prasana tersebut disesuaikan dengan kondisi geografis dan kondisi jalan yang kecil sehingga kendaraan yang diserahkan berupa kendaraan roda dua.

Laporan Kabag PembangunanDalam kesempatan yang sama Kepala Bagian Pembangunan, Ilham Kauli, S.Sos, M.Si dalam laporannya mengatakan, bahwa bantuan yang diserahkan pada hari ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah Pusat untuk Kabupaten Natuna sebesar Rp. 610.000.000 untuk bidang Keluarga Berencana dan Rp. 540.000.000 untuk DAK bidang Lingkungan Hidup.

Sesuai dengan petunjuk teknis yang telah ditetapkan, dana tersebut dialokasikan untuk pengadaan mobil pelayanan KB 1 unit yang diserahkan kepada Kantor Pemberdayaan Perempuan, sarana klinik KB berupa obligyn bed 10 unit diserahkan untuk 10 PUSKESMAS, implant kit 61 set diserakan untuk 13 PUSKESMAS dan computer note book 1 unit diserahkan kepada petugas lapangan keluarga berencana. Sedangkan DAK untuk lingkungan hidup dialokasikan pada pengadaan kendaraan roda dua yang digunakan sebagai pengangkut sampah sebanyak 18 unit untuk 12 kecamatan dan 6 kelurahan Se- Kabupaten Natuna. (Ermiza/Alex)

Sumber : Bagian Umum Setda Kab. Natuna (01/02/2010

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pembangunan E-Government Kabupaten Natuna

NATUNA – Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) sebagai alat bantu dalam menjalankan ...