Home / Natuna News / Peran Serta Kaum Perempuan Dalam Pembangunan Natuna

Peran Serta Kaum Perempuan Dalam Pembangunan Natuna

(WartaKominfo) – “Dengan Semangat Kartini Kita Sukseskan Peningkatan Kapasitas Pooitik Perempuan Dalam Upaya Terwujudnya 30% Keterwakilan Perempuan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna” merupakan sebuah tema yang telah diusung oleh pemerintah Kabupaten Natuna dalam memperingati Hari Kartini ke 139 , Sabtu (21/04) di Gedung Sri Srindit Ranai. Melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Natuna, peringatan Hari Kartini pada tahun ini diadakan dengan melaksanakan kegiatan pendidikan politik terhadap kaum perempuan.

Pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterwakilan kaum perempuan didalam keanggotaan legislatif di Kabupaten Natuna. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Perlindungan Anak Kabupaten Natuna, Katrina Riauwita.

“Peran serta kaum perempuan dalam menentukan kebijakan sangat diperlukan dalam pembangunan. Banyaknya pemahaman yang beranggapan bahwa politik menjadi dunia asing dan bukan urusan wanita. Rendahnya partisipasi perempuan dalam bidang politik juga erat kaitannya dengan kualitas perempuan yang masih rendah dibanding laki-laki”, ujar Katrina.

Selain itu, Sekda Kabupaten Natuna Wan Siswandi, S.Sos mengatakan, persentase keikutsertaan kaum perempuan dalam anggota legislatif di Kabupaten  sebagaimana  amanah dari undang-undang yang telah ditetapkan belum terpenuhi. Menurut Siswandi, harus ada upaya-upaya yang kongkrit dilakukan pemerintah Kabupaten Natuna, agarpemilu yang akan datang, keikutsertaan  kaum perempuan dalam anggota legislatif dapat lebih meningkat, serta peran perempuan dalam pembangunan Natuna secara keseluruhan dapat terwujudkan.

“Kurangnya pertisipasi kaum perempuan dalam politik di Kabupaten Natuna dapat dilihat pada pemilu tahun 2014, dimana hanya terdapat satu kursi anggota legislatif perempuan dari 20 anggota DPRD Kabupaten Natuna. Dengan kata lain, persentase anggota legislatif dari perempuan yang telah diamanahkan undang-undang belum dapat kita penuhi”, ujar Siswandi.

(Diskominfo/Sumardi)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Bupati Natuna harapkan Sinergisitas Insan Pers Dukung Ciptakan Iklim Pembangunan yang Kondusif

Sinergisitas antara para awak media dalam mewartakan informasi kepada seluruh masyarakat, dengan ...