Home / Natuna News / Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2013

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2013

Bupati Natuna,Drs.H.ILyas Sabli,M.si, beserta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Natuna dan siswa-siswi Kabupaten Natuna melaksanakan Upacara dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2013 di Pantai Kencana, kamis (02/05) pagi. Pada peringatan tersebut Bupati Natuna membacakan secara tertulis sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dikatakan pula pendidikan merupakan elevator untuk dapat meningkatkan status sosial, hal itulah yang melatarbelakangi tema peringatan hari pendidikan nasional tahun ini yaitu meningkatkan kualitas dan akses berkeadilan.

Tema itu merupakan tantangan,persoalan dan harapan seluruh masyarakat dalam menyiapkan generasi yang lebih baik, layanan pendidikan harus dapat menjangkau keseluruh lapisan masyarakat Indonesia tanpa membedakan asal-usul status sosial, ekonomi dan kewilayahan sebagaimana tertera dalam UUD 1945 yang mengamanatkan bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dasar dan Negara wajib membiayainya (pasal 31 ayat 1dan 2 UUD 1945).

Oleh karena itu, pemerintah pusat dan daerah bersama-sama masyarakat telah berusaha memenuhi amanat tersebut melalui pembangunan sekolah-sekolah diseluruh Indonesia, termasuk didaerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal), dari sisi keterjangkauan pemerintah telah menyiapkan berbagai bantuan yaitu Bantuan Operasional Sekolah(BOS), Bantuan Operasional Perguruan Tinggi (BOPTN) dan Bantuan Siswa Miskin(BSM).

Untuk itu pada kesempatan tersebut beliau mengajak agar semua seluruh unsur yang bergerak dibidang pendidikan untuk membuka posko anti Drop Out (DO) atau anti putus sekolah pada awal tahun pelajaran nanti, supaya anak usia sekolah dapat merasakan dunia pendidikan dari tingkat dasar sampai ke jenjang perguruan tinggi.

Selanjutnya atas nama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan permohonan maaf atas persoalan penyelenggaraan Ujian Nasional tingkat SLTA sederajat tahun pelajaran 2012/2013, selanjutnya Kemendikbud akan senantiasa melakukan evaluasi secara terintegrasi dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat dimasa hadapan.

Adapun beberapa rangkaian bersempena Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Natuna diantaranya perlombaan adu kreasi, Baca Gurindam, Menulis surat berbahasa inggris untuk tingkat SLTA, lomba baca puisi dan Cipta puisi untuk tingkat SLTP, lomba Voli dan Futsal untuk kalangan guru yang diadakan pada tanggal 9 s/d 13 mei 2013.

(Peliput : Staf Bagian Humas / Endang / Mz 03/05/2013)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Sosialisasi Indikator Sosial Dan Makro Ekonomi Serta Statistik Sektoral Bagi Pemerintah Kabupaten Natuna.

Dalam Sinkronisasi Bedah Indikator Makro Sosial, Ekonomi Kabupaten Natuna tentunya diketahui bersama ...