Home / Natuna News / Promosi Seni Budaya Daerah untuk menangkal Pengaruh Negatif pada Generasi Muda

Promosi Seni Budaya Daerah untuk menangkal Pengaruh Negatif pada Generasi Muda

Kabupaten Natuna memiliki kekayaan seni budaya warisan leluhur yang semestinya dilestarikan dari generasi ke generasi. Untuk tujuan tersebut, dibutuhkan sumberdaya manusia yang memiliki kepedulian, perhatian serta komitmen bersama terutama untuk menggali, mendata, melestarikan dan mempromosikan segala khazanah budaya daerah yang ada.

Demikian yang disampaikan Wakil Bupati Natuna, Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti, MA dalam sambutannya ketika membuka secara resmi Pagelaran Seni Tingkat Pelajar yang diselenggarakan oleh Dewan Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Natuna, dengan mengambil tema “Unjuk Kreatifitas Pemuda dengan Mengembangkan Budaya Melayu”, sabtu (06/01) malam di Gedung Serbaguna Sri Serindit, Ranai.

Menurutnya kegiatan ini memiliki makna penting terutama dalam upaya mewujudkan keterlibatan generasi muda dalam mewujudkan kreatifitas sebagai bentuk kepedulian untuk melestarikan seni budaya melayu.

Hal ini menjadi penting mengingat kondisi generasi muda yang sedang meminati penggunaan kemajuan teknologi informasi (internet) yang harus lebih diarahkan kepada berbagai manfaat positif, diantaranya strategi promosi budaya daerah sebagai jati diri masyarakat melayu Natuna.

Selanjutnya Ketua Pelaksana Kegiatan, Bujang Harun melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah ekspresi dan kompetisi berbasis kesenian daerah dengan melibatkan peserta tingkat pelajar SLTP dan SLTA sederajat serta  beberapa sanggar seni yang ada berada di Kabupaten Natuna, diantaranya Sanggar Tapak Melayu, Dina Mahkota, Tiara Mayang, Langkadura, Sri Mahdewi.

Menurut beliau dalam laporannya, kegiatan ini juga merupakan sebuah media dalam menangkal berbagai budaya modern semakin mengikis moral generasi muda, sekaligus menjaring potensi generasi muda yang berbakat dalam bidang kesenian.

(Humas_P/Zq, Ariful)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Basarnas dan Intansi Terkait Berhasil Mengevakuasi Warga Yang di Timpa Bencana

(wartaKOMINFO) – Menghadapai kondisi cuaca yang kurang baik akhir-akhir ini, tingkat kewaspadaan ...