Home / Natuna News / Rapat Evaluasi Pencapaian MDGs Kabupaten Natuna

Rapat Evaluasi Pencapaian MDGs Kabupaten Natuna

Rapat digelar guna menyusun tindak lanjut dari laporan dan pemantauan – Tahun 2014
Dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat Kabupaten Natuna, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), kembali mengadakan Rapat Lanjutan Umpan Balik Penyampaian Laporan Pemantauan dan Evaluasi Pencapaian MDG’s (Millenium Development Goals) Kabupaten Natuna, Kamis (18 Desember 2014), di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna.
Asisten II – Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Drs. H. Izwar Asfawi selaku Pimpinan Rapat, mengatakan bahwa untuk mendukung pencapaian MDGs dan realisasi Indeks Pembangunan Manusia, tentunya harus senantiasa dititik-beratkan kepada peningkatan kualitas pelayanan bidang kesehatan masyarakat, serta upaya mengentaskan kemiskinan ekstrim, dan kelaparan. Dimana targetnya adalah menciptakan masyarakat yang produktif, baik secara mandiri maupun melalui lapangan pekerjaan yang tersedia.

Selain itu, pencapaian lain yang harus menjadi prioritas, adalah mengatasi terjadinya kelaparan, pencapaian pendidikan dasar untuk semua (memastikan anak usia sekolah, baik laki-laki maupun perempuan, harus menyelesaikan pendidikan minimal tingkat Sekolah Dasar), mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, mengurangi tingkat kematian anak dan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, memerangi penyebaran HIV/AIDS, Malaria dan penyakit menular lainnya, serta melestarikan kelestarian lingkungan hidup.

Selanjutnya dikatakan bahwa beberapa prioritas dan kerangka kerja sebagaimana diuraikan diatas akan melibatkan banyak pihak dan koordinasi yang solid dari semua stakeholder terkait, untuk itu berdasarkan hasil laporan yang telah dipaparkan hendaknya dapat dijadikan reverensi dan selanjutnya diputuskan evaluasi dan kebijakan tepat menyikapi permasalahan sosial yang masih dihadapi oleh masyarakat saat ini.

Beliau juga mengatakan bahwa untuk mendukung hal di atas, Kabupaten Natuna harus berupaya secara lebih maksimal untuk mewujudkan tujuan MDGs pada tahun 2015 mendatang, tentunya dengan memanfaatkan peluang bersinergi dengan kebijakan pemerintah pusat, diantaranya dengan mengoptimalkan potensi maritime (kelautan dan perikanan), pariwisata dan berbagai peluang investasi lainnya.

Hadir pada dalam rapat tersebut, antara lain perwakilan dari BPS Natuna, dan perwakilan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah Teknis, yang terkait dengan Percepatan Pembangunan dan Pelayanan Prima di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna.

(Ditulis oleh : Ermiza dan Santi – Bagian Humas Kab. Natuna)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Sosialisasi Indikator Sosial Dan Makro Ekonomi Serta Statistik Sektoral Bagi Pemerintah Kabupaten Natuna.

Dalam Sinkronisasi Bedah Indikator Makro Sosial, Ekonomi Kabupaten Natuna tentunya diketahui bersama ...