Home / Natuna News / Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Pemkab. Natuna

Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Pemkab. Natuna

Bupati Natuna, Drs. H. Abdul Hamid Rizal,MSi didampingi Sekretaris Daerah, Wan Siswandi,M.Si melakukan pertemuan dengan Pejabat KPK, Agung Kusnandar dan Ruspian dari Direktorat Pencegahan Korupsi, Unit Kerja, Koordinasi Supervisi dan Pencegahan KPK, di Lantai II Kantor Bupati Natuna, Kamis (20/07) siang.

Adapun kedatangan perwakilan KPK ke Kabupaten Natuna bermaksud untuk memberikan masukan sekaligus Sosialisasi tindakan pencegahan korupsi sebagaimana yang sudah disepakati bersama pada 16 Mei 2017 lalu di Provinsi Kepri. (Pertemuan dengan jajaran Pemerintah Daerah dan DPRD kabupaten/kota se-Provinsi Kepri)

Pertemuan tersebut juga membahas rencana Aksi di masing-masing OPD di Kabupaten Natuna, seperti perencanaan  kegiatan (e-planing), pengelolaan anggaran (e-budgeting), pengelolaan aset, proses pelelangan, perizinan, peningkatan kompetensi ASN dan pengawasan internal.

Pada kesempatan tersebut Bupati Natuna menyampaikan kendala mengintegrasikan seluruh sistem secara online adalah kondisi jaringan internet yang belum memadai . Namun hal itu akan dapat teratasi dengan beroperasinya jaringan Fiber Optic pada tahun 2018 nanti. Sementara untuk proses perencanaan dan penganggaran Kabupaten Natuna telah melaksanakan proses secara terintegrasi dengan aplikasi INFIS (Intergrated Natuna Financial System)

Khusus dalam bidang pengelolaan anggaran, Perintah Kabupaten Natuna mendapatkan apresiasi karena telah menerapkan aplikasi INFIS ini, dimana aplikasi tersebut langsung didemonstrasikan didepan kedua Pejabat KPK tersebut. Aplikasi ini akan diadopsi oleh beberapa Kabupaten/Kota di Kepri.

Selanjutnya sebagai bentuk komitmen daerah dalam upaya pencegahan korupsi, Bupati meminta seluruh OPD untuk melakukan pembenahan secara profesional dan terkoordinasi dalam upaya mencapai target rencana aksi yang telah disusun bersama.

(Humas_P/Kbg)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Natuna Dapat Proritas Tiga SPBUN Tahun Ini

Natuna – Kepala Bagian Migas Pemkab Natuna, Faisal mengatakan tahun ini pemerintah ...