Home / Natuna News / Sosialisasi PBUD dan Beasiswa Didik Universitas Riau

Sosialisasi PBUD dan Beasiswa Didik Universitas Riau

NATUNAKAB NEWS- Sosialisasi Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) dan Beasiswa Didik Misi Perguruan Tinggi Universitas RiauUntuk melaksanakan pembangunan daerah selain memberdayakan segala potensi yang ada, sumberdaya manusia lah yang memiliki peran paling penting. Karena jika sumberdaya manusia belum memadai baik dari segi kualitas maupun kuantitas, jalannya pembangunan akan terkesan lamban dan tidak efisien/efektif. Untuk itu, investasi dibidang pendidikan dalam rangka menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas harus menjadi salah satu prioritas utama. Walaupun investasi ini tidak dapat dirasa secara instant, namun diyakini hasilnya akan terasa dalam 5 atau 10 tahun kedepan.

Sambutan Bupati NatunaHal ini disampaikan oleh Plt. Bupati Natuna, Drs. H. Raja Amirullah.Apt pada acara Sosialisasi Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) dan Beasiswa Didik Misi Perguruan Tinggi Universitas Riau, di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Rabu (27/01) pagi. Menurutnya, saat ini Kabupaten Natuna harus lebih banyak berinvestasi dibidang pendidikan mengingat dari jumlah keseluruhan masyarakat yang ada, kurang dari 1 % masyarakat yang lulus perguruan tinggi, 15 % lulus SLTP, 12 % Lulusan SMA dan sisanya adalah masyarakat yang tidak lulus Sekolah Dasar atau bahkan tidak sekolah. Hal ini cukup untuk menggambarkan bahwa dalam melaksanakan pembangunan, Kabupaten Natuna masih merasa kesullitan karena kurangnya SDM yang mampu memberikan kontribusi demi menunjang pelaksanaan pembangunan dalam mewujudkan kemakmuran, keadilan dan kesejahteraan yang merata.

Lebih lanjut ditambahkan, saat ini pemerintah Kabupaten Natuna telahpun menjalankan beberapa program strategis dibidang pendidikan, diantaranya program sekolah gratis dan beasiswa bagi seluruh mahasiswa asal Natuna dimanapun dia menuntut ilmu tanpa melihat indeks prestasi. Namun untuk kedepan akan diadakan evaluasi terutama bagi pemberian bantuan beasiswa bagi mahasiswa, akan dilakukan seleksi dan evaluasi dengan mengutamakan mahasiswa berprestasi sebagai prioritas.

Menurutnya program PBUD ini sangat tepat dan sinergi dengan program pembangunan bidang pendidikan Kabupaten Natuna dimana calon mahasiswa yang berprestasi akan diberikan kemudahan untuk melanjutkan program studi di perguruan tinggi. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Natuna akan menunjukan komitmennya dalam mendukung program tersebut dengan mensubsidi sepenuhnya para calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan di Unri nantinya.

Namun perlu disadari bersama bahwa tujuan utama dari program ini adalah untuk merubah pola pikir masyarakat Kabupaten Natuna untuk dapat berbuat lebih banyak, lebih kreatif dan menanamkan kesadaran untuk selalu mengembangkan potensi diri. Karena tanpa perubahan pola pikir, Kabupaten Natuna tidak akan dapat bangkit dari segala keterpurukan yang terjadi saat ini. Untuk itu, diperlukan kerjasama dari semua pihak, baik lembaga pendidikan (sekolah), dinas dan seluruh pihak yang terkait sehingga arah tujuan pembangunan pendidikan dapat berjalan secara sinergi, terintegrasi dan berkelanjutan.

Pengarahan Pembantu Dekan I Universitas RiauPada kesempatan yang sama, Pembantu Dekan I Universitas Riau, Prof.Dok. B. Isyandi mengatakan bahwa PBUD adalah salah satu program strategis kementrian Pendidikan Republik Indonesia dalam rangka memberikan kesempatan putra daerah untuk lebih mudah dalam melaksanakan program studi di perguruan tinggi. Setelah melalui usaha yang dilakukan dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini, Unri berhasil mengupayakan peluang 40 % bagi mahasiswa daerah (mahasiswa undangan tanpa melalui test) dan 60 % untuk mahasiswa umum. Adapun mahasiswa undangan ini adalah siswa – siswi SMA setingkat berprestasi (juara 1 s.d 10) dengan rekomendasi dari pihak sekolah. Untuk itu, kepada seluruh kepala sekolah dan calon mahasiswa hendaknya dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk lebih meningkatkan ilmu dan kualitas SDM Kabupaten Natuna agar dimasa hadapan dapat menjawab tantangan global.

Peserta Acara dan NarasumberSaat ini, Unri berada pada peringkat ke 5 dari seluruh inversitas negeri yang ada di Indonesia dengan 69 Program Studi dengan 1.008 orang dosen yang mendukung proses pendidikan disetiap fakultasnya yang menangani 25.000 mahasiswa. Sampai saat ini, Unri telahpun meluluskan 3.000 mahasiswa melalui program PBUD ini.

Untuk dapat mengikuti Program ini, calon mahasiswa harus mengirimkan berkas pendaftaran paling lambat tanggal 31 Maret 2010. Adapun penilaian kelulusan ini berdasarkan hasil dari beberapa pertimbangan, diantaranya pemerataan daerah, nilai mata pelajaran, daya tempung program studi dan hasil wawancara. (Ermiza/Alex)

Sumber : Bagian Umum Setda Kab. Natuna (21/01/2010)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Penggiat KB Terima Penghargaan Dari Bupati

Natuna –  Bupati Natuna Hamid Rizal menyerahkan piagam penghargaan kepada penggiat Keluarga ...