Home / Natuna News / Sosialisasi Pengelolaan SPAM APBN Kabupaten Natuna Tahun 2017

Sosialisasi Pengelolaan SPAM APBN Kabupaten Natuna Tahun 2017

Wakil Bupati Natuna, Dra .Hj. Ngesti Yuni Suprapti,MA membuka acara Sosialisasi Pengelolaan SPAM APBD Kabupaten Natuna Tahun 2017, Kamis (25/10) pagi di Aula Natuna Hotel Ranai Darat, dihadiri oleh, OPD terkait, Camat, Pimpinan PDAM dan Kepala Desa se Kabupaten Natuna

Beliau menyampaikan bahwa Dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 disebutkan bahwa pelayanan dasar merupakan urusan wajib daerah termasuk didalamnya adalah sektor air minum. Untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera, Pemerintah perlu memperhatikan sektor air minum.

Berdasarkan hasil survei dari UNICEF ditahun 2014 melalui program Water, Sanitation and Hygiene (WASH) menyebutkan bahwa 88% kematian bayi di Indonesia disebabkan oleh kesulitan mengakses air bersih dan keterbatasan sistem sanitasi.

Oleh karenanya penyediaan air minum yang merupakan bagian dari kegiatan preventive penyakit dirasa penting untuk mendukung terwujudnya kesehatan masyarakat.

Untuk itu, sampai dengan tahun 2017 Kementerian PUPR melalui Satuan kerja SPAM dan Pemerintah Daerah telah menfasilitasi Pembangunan 8.165 SR tersebar di 12 Kecamatan dengan nilai investasi hamper 127 Milyar.

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan sebagian besar Infrastruktur terbangun masih belum berfungsi secara optimal. Hal ini dikarenakan beberapa sebab antara lain sumber air minum mengalami kekeringan, rendahnya cakupan pelayanan air, pembinaan dan pengawasan kepada pengelolaan SPAM di Kabupaten Natuna dapat dikelola dengan air dan optimal sehingga bermanfaat bagi masyarakat secara berkelanjutan.

(Humas_P/Sri/Diana)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Penyerahan Bantuan Kapal Nelayan Untuk Nelayan Kabupaten Natuna

Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan telah menggulirkan bantuan ...