Home / Natuna News / Tim Pelaksana Survey Kementerian KOMINFO RI Tinjau Lokasi Pembangunan Tower BTS KPU-USO

Tim Pelaksana Survey Kementerian KOMINFO RI Tinjau Lokasi Pembangunan Tower BTS KPU-USO

NATUNA – Pengembangan jaringan Telekomunikasi untuk wilayah perbatasan telah diprogramkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dari tahun 2012 silam melalui program KPU-USO yang salah satunya adalah pembangunan tower BTS. Pembangunan tower BTS program KPU-USO pada tahun 2017 ini, untuk wilayah Kabupaten Natuna akan segera terealisasi. Pasalnya, Tim Pelaksana  Survey dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia sudah mulai turun ke lokasi-lokasi yang akan dibangunnya tower tersebut guna menentukan titik-titik  yang pas, dalam arti daerah yang betul-betul tidak terdapat sinyal telekomunikasi (blank spot area).

Dalam hal tersebut Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Natuna Raja Darmika ikut terjun langsung ke lapangan mendapingi tim pelaksana survey untuk meninjau lokasi-lokasi yang berada di Kecamatan Pulau Tiga dan Kecamatan Pulau Tiga Barat, Rabu (19/07).

Dari hasil peninjauan tersebutl, untuk wilayah Kecamatan Pulau Tiga terdapat tiga titik yang masuk dalam kategori blank spot area diantaranya Desa Sabang Mawang (Dusun Balai), Desa Serantas dan Desa Tanjung Batang (Dusun Teluk Melam). Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Pulau Tiga Barat terdapat dua titik diantaranya Desa Selading dan Desa Setumuk.

Raja Darmika berharap untuk pembangunan tower BTS KPU-USO tersebut tidak hanya berfungsi untuk berkomunikasi/telepon saja, akan tetapi juga dapat difungsikan untuk jaringan data seluler agar masyarakat dapat mengakses internet.

“Harapan saya tower BTS yang dibangun KPU-USO ini tidak hanya untuk nelpon saja, akan tetapi juga dapat untuk kita mengakses internet. Namun tidak demikian, tower BTS yang akan di bangun ini hanya diprioritaskan untuk wilayah yang tidak terjangkau jaringan telekomunikasi dan fungsinya hanya untuk nelpon saja dulu, itu yang program oleh Kementerian Kominfo saat ini”, ungkap Raja Darmika yang ditemui di lapangan.

Selanjutnya Raja Darmika juga mengatakan, bahwa pihaknya juga akan mengirim surat untuk PT. Telkomsel agar dibangun tower reguler di Selat Lampa agar wilayah-wilayah di Kecamatan Pulau Tiga dan Kecamatan Pulau Tiga Barat yang kualitas sinyalnya hilang timbul dapat lbih maksimal.

“Pihak kami akan mengirim surat untuk PT. Telkomsel agar dibangun tower reguler di Selat Lampa itu, jika di Selat Lampa itu sudah ada satu saja tower reguler, saya rasa sudah bisa menjangkau ke seluruh wilayah yang ada di dua kecamatan ini”, lanjut Raja Darmika.

(Sumardi)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

KEIN, Pengumpulan Data sebagai bahan evaluasi Kebijakan Pengembangan Sektor Industri dan Potensi Maritim Daerah

Bupati Natuna, Drs. H. Abdul Hamid Rizal,M.Si didampingi beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat ...