Home / Natuna News / Tinjau Pembangunan, Wakil Bupati Natuna Kunker ke Pulau Laut

Tinjau Pembangunan, Wakil Bupati Natuna Kunker ke Pulau Laut

Wakil Bupati Natuna, Imalko, S.Sos. beberapa hari lalu melakukan peninjauan langsung kegiatan pembangunan di Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna. Antusias warga masyarakat Pulau Laut tampak terlihat saat menyambut kedatangan Wakil Bupati Natuna yang didampingi beberapa orang Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna.
Selain meninjau pelaksanaan pembangunan fisik, Wakil Bupati Natuna juga menggelar acara temu ramah (dialog) bersama warga masyarakat Pulau Laut dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat, acara digelar di lapangan SMA Negeri 1 Kecamatan Pulau laut.
Pada kesempatan itu, Wabup menyampaikan saat ini Pemerintah Daerah sedang berupaya membuka tabir isolasi melalui pembenahan infrastruktur seperti transportasi laut, agar aktivitas masyarakat berjalan lebih baik dan lancar, karena dengan lancarnya arus transportasi akan berdampak strategis untuk mendukung percepatan pembangunan di sektor lainnya.
“Dengan lancarnya transportasi laut, tidak saja memudahkan warga masyarakat untuk melakukan mobilisasi sosial, tetapi juga aktivitas perdagangan, perindustrian, pertanian, perkebunan dan pariwisata akan semakin lancar dan terbuka lebar,” ungkap Imalko.
Untuk mewujudkan hal tersebut jelas Wabup, dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit dan memakan waktu yang cukup lama. Untuk itu Pemerintah Daerah telah pun berupaya mencari sumber dana di luar APBD Kabupaten Natuna, seperti melalui APBD Provinsi dan APBN. Pemerintah pun diungkapkan tak segan untuk melobby melalui dana CSR (Cooperate Social Responsibility) kepada para kontraktor migas yang melaksanakan aktivitasnya di wilayah perairan Kabupaten Natuna.
Dijelaskan Wabup bahwa dalam penyelenggaraan pembangunan khususnya di Kecamatan Pulau Laut ada peningkatan jumlah alokasi anggaran dari tahun sebelumnya. Peningkatan anggaran tersebut diperuntukkan untuk pembangunan pelabuhan perintis, penambahan daya listrik serta pengembangan ekonomi kerakyatan. Untuk alokasi anggaran yang bersumber dari CSR, Kecamatan Pulau Laut mendapatkan bantuan sebesar Rp 500 juta yang diperuntukan bagi Rehab RLTH dan 60 unit pembangkit listrik tenaga surya sedangkan dari APBN sebesar Rp 30 Millyar untuk pembangunan pelabuhan perintis.
Atraksi Gasing
Disamping meninjau pelaksanaan kegiatan pembangunan, Wakil Bupati Natuna, Imalko, S.Sos. juga mengikut sertakan tim kesenian diantaranya adalah para pemain gasing dari Ranai. Tim Gasing ini kemudian bertanding dengan Tim Gasing dari Pulau Laut.
Gasing sendiri merupakan salah satu permainan tradisional yang ada di Kabupaten Natuna yang terbuat dari kayu yang berkualitas baik. Permainannya dilakukan dengan sistem beregu/tim atau perorangan. Untuk teknis permainan, leher gasing dililitkan dengan seutas tali, kemudian baru diayunkan dan diadu (dipangka) dengan gasing yang lainnya. Gasing yang memiliki kekuatan baik dan putaran yang lama, serta masih berada dalam arena permainan tampil sebagai pemenang. Gasing umumnya dimainkan oleh kaum laki-laki.
Kepada para pemain gasing, Wakil Bupati berpesan agar warga masyarkat senantiasa melestarikan budaya daerah, karena budaya daerah merupakan salah satu potensi penting dalam pengembangan wisata di Kabupaten Natuna.
“Marilah kita bina dan kembangkan budaya-budaya daerah kita, melalui pelestarian dan pewarisan budaya tradisional kepada anak-anak cucu kita, agar budaya tersebut tetap lestari dan berkembang terus,” ajak Imalko.
(Ditulis oleh : Ermiza – Staf Bagian Humas)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Sosialisasi Indikator Sosial Dan Makro Ekonomi Serta Statistik Sektoral Bagi Pemerintah Kabupaten Natuna.

Dalam Sinkronisasi Bedah Indikator Makro Sosial, Ekonomi Kabupaten Natuna tentunya diketahui bersama ...